supplier u ditch di bekasi

Bagaimana Cara Membuat U-Ditch & Cara Memasang Saluran U Ditch?

Cara Membuat U Ditch Beton

U ditch adalah sejenis saluran air yang terbuat dari beton dan memiliki bentuk serupa dengan huruf u. Sistem atau cara membuat u ditch ini dikerjakan pada sebuah pabrik beton precast.

Saat proses pelaksanaan pembuatan saluran u ditch, maka komposisi campuran beton tersebut haruslah terdiri dari unsur bahan yang sangat penting.

Yang dimaksud dari beton precast ialah suatu produk yang dibuat dengan komposisi campuran beton yang terdiri dari semen, pasir, air, batu split, besi wiremesh dan tambahan cairan pengeras beton.

Tujuan penambahan zat additif beton adalah untuk meningkatkan kualitas dari betonnya. Proses pengeringan beton pun dapat menjadi lebih cepat sehingga menghasilkan mutu beton yang tinggi.

Cetakan u-ditch atau bekisting terbuat dari plat besi dan pengaku dari tripleks yang sangat kuat dan diperkuat lagi dengan kerangka kayu.

Cetakan dari kayu ini rata-rata dibutuhkan hingga 5 kali. Selain itu saluran beton precast yang dibuat dari plat besi juga bisa Anda fungsikan atau manfaatkan berkali-kali.

cetakan u ditch

Gambar Cetakan U Ditch

Fungsi utama saluran u ditch adalah untuk mengalirkan air hujan atau air kotor rumah tangga sebagai pengganti got konvensional.

Pada pembahasan selanjutnya kami akan bahas apa saja kelebihan dari saluran u ditch ini dan cara pemasangannya secara lengkap.

Kelebihan Saluran U Ditch

Apa saja faktor yang menjadi kelebihan dari saluran u ditch precast daripada produk saluran air sejenis seperti box culvert ?

Pada dasarnya pekerjaan saluran akan menyebabkan adanya kemacetan, apalagi jika Anda melakukan pekerjaan pembuatan saluran konvensional.

Yang dimaksud dengan pekerjaan saluran konvensional disini adalah, saluran got yang dibuat dengan pasangan batu kali atau metode pengecoran ditempat.

Tentunya metode pengecoran beton konvensional akan memakan waktu lebih lama daripada kita menggunakan saluran yang terbuat dari jenis beton precast seperti u-ditch.

Disamping itu, jika Anda membuat saluran beton konvensional pada jalan protokol suatu kota besar, maka berpotensi menimbulkan kemacetan disekitar lokasi pekerjaan.

Lihat juga: Apa Saja Kelebihan Dan Kekurangan Beton Precast

Kelebihan dan manfaat penggunaan u-ditch lainnya yaitu lebih kuat dan tahan lama dibandingkan saluran drainase konvensional.

Hal ini dikarenakan pada seluruh sisi u-ditch terdapat kompenen besi wiremesh sebagai tulangan penyangga dari beton itu sendiri. Kelebihan yang lainnya yaitu, harga u ditch lebih murah daripada box culvert ataupun beton cor ditempat.

Maka dapat kita simpulkan bahwa u-ditch adalah salah satu jenis gorong-gorong yang harganya murah, kuat serta hemat dalam hal biaya pekerjaannya.

Metode Pemasangan Saluran U Ditch Precast

Sebelum Anda akan melakukan proses pemasangan menggunakan saluran drainase u ditch akan lebih baik Anda mengetahui tahapan untuk proses pengerjaannya.

Proses pemasangan u-ditch terbagi menjadi 6 tahapan pekerjaan. Tahapan-tahapan pekerjaan yang dimaksud adalah sebagai berikut :

1. Proses pengukuran Area Galian

Hal pertama yang sebaiknya Anda lakukan adalah melakukan proses pengukuran area kerja. Kegiatan ini sangatlah penting. Pengukuran dilakukan dengan panjang pekerjaan lagi elevasi.

Untuk elevasi yang tercantum akan dijadikan shop drawing dan dipraktekkan di lapangan dengan patok tengah bouwplank terhadap menaruh elevasinya.

pengukuran tanah

Survey dan Pengukuran Area Saluran

2. Galian tanah

Setelah pengukuran selanjutnya Anda harus melakukan penggalian tanah dengan memanfaatkan media alat berat seperti backhoe atau excavator.

Disamping itu, Anda juga harus mengontrol galian tanah yang digali agar elevasi kemiringan u-ditch sempurna.

Hal ini bertujuan agar apabila u-ditch dialiri air, maka air dapat dengan lancar mengalir. Lakukan penandaan elevasi galian tanah tersebut dengan media patok, agar posisi galian tidak berubah .

3. Pembuangan tanah sisa galian

Setelah proses pekerjaan galian tanah selesai dikerjakan, maka pekerjaaan Anda selanjutnya adalah membuang tanah sisa galian saluran u-ditch tersebut.

Tanah-tanah tersebut sebagian besar dibuang ke luar area proyek berlangsung. Hal ini agar tidak mengganggu lalu lintas kendaraan yang lalu lalang berada di sekitar area proyek pekerjaan pemasangan u-ditch.

Namun Anda juga perlu menyisihkan sebagian tanah tersebut untuk proses pengurugan setelah u-ditch terpasang. Agar rongga-rongga tanah yang masih belum terisi dapat kembali menjadi padat.

4. Proses pengurugan dengan sirtu

Jika Anda sudah melakukan proses galian hingga mencapai 7,2 meter yang harus Anda lakukan selanjutnya adalah urug sirtu. Sehari sebelum proses pengurugan, sirtu haruslah sudah siap dibagian sudut galiannya.

Sedangkan untuk segmen seterusnya bagian sirtu harus didatangkan secara bertahap berdasarkan atau sesuai dengan keperluan dari tiap segmen galian tersebut. Ketebalan urugannya sekitar 250 mili meter.

Proses pengurugan dapat menggunakan excavator atau bachoe yang dikendalikan oleh manusia saat proses perataan menggunakan mesinnya.

Anda dapat juga mengurugnya menggunakan tenaga kerja manusia,hanya saja proses pengerjaannya akan memakan waktu yang lebih lama dibandingkan menggunakan excavator.

5. Proses pembuatan lantai kerja

Untuk rata-rata ketebalan pada lantai kerja secara umum hanya mencapai sampai 50 mili meter dengan kualitas mutu beton standar K-125 atau bisa juga dinamakan dengan istilah BO.

Fungsi untuk permulaan lantai kerjanya adalah untuk bisa mengontrol elevasi dengan permukaan saluran drainase yang bisa Anda pasangkan.

Sehingga saat u ditch precast yang sudah diturunkan bagian elevasinya bisa Anda aplikasikan dengan cukup baik.

6. Proses pemasangan beton pracetak u ditch

Selanjutnya barulah Anda bisa melakukan proses pemasangan u-ditch. Jika betonnya sudah mencapai usia lebih dari 7 hari maka sejak dimulainya proses pabrikasi dikirim ke area proyek dan akan simpan sementara pada tempat pemasangannya.

Proses pemindahan u-ditch precast yang berasal dari stock yard ke area pemasangan akan dibantu oleh forklift dengan kapasitas berat yang pas dengan materialnya. Biasanya untuk berat yang mampu diangkat oleh forklift adalah sebesar 2x berat materialnya itu sendiri.

Selain itu, proses pemasangan u ditch juga haruslah memanfaatkan adanya excavator atau crane yang bergantung untuk berat material yang akan diangkat.

Proses Pemasangan U-Ditch Dengan Crane

Gambar Proses Pemasangan U-Ditch Dengan Crane

Sedangkan bila menggunakan crane, kapasitas maksimal yang dianjurkan untuk mengangkat benda adalah 5x berat material yang akan diangkatnya tersebut.

Pemasangan akan dilakukan setelah proses cor lantai kerja minimal sehari sesudahnya dengan target pemasangan untuk tiap harinya rata-rata sekitar 6 buah u-ditch atau sekitar panjang 7 meter lari.

Dibagian atas beton juga sebaiknya Anda memasangkan caping beam atau tutup u-ditch yang berasal dari beton cor.

Manfaat menggunakan tutup u ditch adalah untuk melindungi posisi beton pracetak U Ditch agar tidak bergeser ke bagian kiri ataupun kebagian kanan oleh desakan tanah setelah pengurugan kembali.

Jika semuanya sudah dilakukan, Anda juga harus melakukan pengelasan pada plat penyambung antara beton pracetak U Ditch.

Lihat juga: Cara Budidaya Ikan Lele Dengan Kolam Buis Beton

U-ditch adalah material saluran yang bisa Anda andalkan, sehingga akan lebih baik untuk menghindari adanya kesalahan saat proses pemasangannya.

Anda bisa meminta bantuan para ahli, namun tidak ada salahnya jika Anda mengetahui informasi lengkap mengenai cara memasang u-ditch yang ada di dalam artikel ini. Sehingga Anda bisa mengetahui apa manfaat, berapa ukuran dan apa kelebihan dari U Ditch ini.

Jika memang Anda juga belum mengerti dengan jelas, Anda juga bisa bertanya pada tukang atau ahli dalam hal pemasangan saluran U Ditch. Semoga bermanfaat.

Bagaimana Kami Dapat Membantu Anda ?

Untuk membuat janji presentasi atau informasi lebih lanjut, hubungi kami sekarang juga !

Bagaimana Kami Dapat Membantu Anda ?

Untuk membuat janji presentasi atau informasi lebih lanjut, hubungi kami sekarang juga !

Digiprove sealCopyright secured by Digiprove
Bagaimana Cara Membuat U-Ditch & Cara Memasang Saluran U Ditch?
5 (100%) 22 votes

Halaman Terkait :

Posted in News, U-Ditch and tagged , , , , .