beton prategang

Perbedaan Beton Bertulang dan Prategang

Perbedaan Beton Bertulang dan Prategang. – Ketika membicarakan mengenai bahan dan juga berbagai kebutuhan yang harus dipenuhi untuk membangun sebuah rumah ataupun gedung. Maka ada banyak sekali yang bisa dibahas terutama bagi anda yang ingin merencanakan pembangunan sebuah rumah ataupun gedung yang berkualitas.

Dengan menggunakan bahan-bahan yang lengkap, salah satunya adalah beton yang seringkali dimanfaatkan untuk bisa mendirikan sebuah bangunan agar kokoh. Ada banyak sekali jenis beton salah satunya yaitu beton prategang dan juga beton bertulang. Berikut ini akan kita bahas secara lengkap mengenai perbedaan kedua bahan tersebut.

Perbedaan Komposisi Bahan Baku

pengertian beton prategang adalah

Hal pertama yang harus anda ketahui mengenai perbedaan antara beton prategang dan beton bertulang tentu saja dari bahan material pembuatannya. Khusus bagi beton prategang ada campuran semen agregat kasar agregat halus dan juga air untuk bisa membentuk beton tersebut.

Selain itu perbandingan nya juga khusus seperti Semen 18 %, Agregat kasar 44 %, Agregat halus 31 % dan Air 7 %. Apabila sudah mengetahui mengenai persentase pembuatan beton dan juga bahannya setelah beberapa jam campuran tersebut akan dituangkan atau dicor menggunakan metode yang telah dimiliki oleh masing-masing barang.

Nantinya akan langsung mengarah sesuai untuk acuan dan keinginan pada konstruksi beton prategang. Ada beberapa kuat tekan fc yang dihitung mulai dari kuat tekan fc = 30 – 40 mpa, hal ini diperlukan untuk menahan tegangan tekan pada pengangkuran tendon ( baja prategang ) dengan benar, dan menghindari adanya keretakan.

Perhitungan ini sangatlah penting untuk beton. Untuk beton bertulang menggunakan beberapa kombinasi bahan yang bermutu tinggi, mulai dari baja yang bermutu tinggi dikombinasikan dengan tambahan penampang. Sehingga bisa ditarik dengan mudah.

Bila beban bekerja tegangan tarik yang dapat terjadi ini dapat dieliminir oleh tegangan tekan, yang telah diberikan pada penampang sebelum beban kerja dilakukan. Bedanya beton bertulang biasa juga tulangnya akan membantu memikul tegangan tarik akibat beban. Sehingga tidak akan mudah rusak dan juga hancur.

Perbedaan Beton Bertulang dan Prategang Dari Segi Biaya

Selanjutnya perbedaan kedua yang bisa anda kenali dari beton bertulang dan juga beton prategang yaitu dilihat dari biaya yang digunakan untuk pembuatannya. Tidak bisa dipungkiri bahwa biaya beton prategang ini memiliki nilai yang lebih rendah dan juga efisien.

Ditambah lagi bahan yang dibutuhkan untuk konstruksi bangunan ini lebih mudah ditemukan. Dibandingkan dengan beton bertulang. Sedangkan untuk beton tulangan sendiri harga yang dikeluarkan harus besar.

Selanjutnya perbedaan beton prategang dan beton tulangan jika dilihat dari unsur bahannya beton bertulang ,biasanya memanfaatkan tulangan baja dan juga menggunakan beton di mana bahan tersebut digunakan bersama-sama dengan beberapa bahan lain atau pendukung lain.

Perbandingan Peruntukan Penggunaan

Sehingga beton bertulang ini umumnya digunakan untuk bangunan yang sangat besar mulai dari jembatan, bangunan, gedung, dinding penahan tanah dan lain sebagainya. Sedangkan untuk beton prategang umumnya digunakan untuk beberapa konstruksi yang ringan saja.

Misalnya plat lantai, girder jembatan, sheet pile beton ataupun mini pile, dengan menerapkan tipe beton prategang ini dimensi penampang yang digunakan dan lebih ramping. Dibandingkan dengan beberapa tipe lainnya.

Ditambah lagi dengan adanya perbedaan beton bertulang dan prategang yang dilakukan di pabrik. Karena umumnya beton prategang di produksi pada sebuah pabrik beton seperti Asiacon. Dan dalam pembuatannya melibatkan perhitungan matang oleh para pakar dan ahli di bidang beton konstruksi. Jelas tujuannya agar hasilnya lebih maksimal dan anda bisa mendapatkan kualitas beton yang bagus. Maka, jangan sampai salah memilih bahan dan penggunaan.

Bagaimana Kami Dapat Membantu Anda?

Informasi produk & cara pemesanan, hubungi kami via WhatsApp!

Posted in Beton Prategang, News and tagged , , , , , .