Pengertian Struktur Beton Dalam Konstruksi Bangunan

Dalam dunia konstruksi, tentu sangat penting untuk mengetahui apa itu struktur beton untuk membangun gedung. Beton itu sendiri merupakan elemen yang sangat penting untuk melakukan pengerjaan bangunan kontruksi.

Elemen yang satu ini  dapat mudah dibentuk sesuai dengan kebutuhan konstruksi. Tidak hanya itu beton itu sendiri juga memiliki kekuatan mumpuni, tahan terhadap temperatur yang tinggi serta biaya pemeliharaannya yang murah.

Apa itu Struktur Beton dalam Konstruksi?

Sebelum berlanjut mengenai apa itu struktur beton, Anda mesti mengetahui apa yang dimaksud dengan beton dalam konstruksi terlebih dahulu.

Beton adalah suatu elemen dalam konstrusi yang merupakan struktur sederhana yang dibentuk oleh campuran semen, air, agregat halus, agregat kasar yang berupa batu pecah atau kerikil, udara serta bahan campuran lainnya.

Karakteristik Beton dalam Konstruksi

Beton adalah bahan konstruksi yang terdiri dari campuran semen, agregat (pasir dan kerikil atau batu pecah), air, dan aditif yang dapat digunakan untuk memberikan sifat khusus pada beton.

Berikut adalah beberapa karakteristik utama beton dalam konstruksi:

1. kekuatan

Beton memiliki kekuatan tekan yang tinggi, yang membuatnya cocok untuk digunakan dalam struktur yang menahan beban berat. Kekuatan beton diukur dalam satuan tekanan seperti megapascal (MPa) atau pound per inci persegi (psi). Beton yang umum digunakan dalam konstruksi memiliki kekuatan tekan antara 20 MPa hingga lebih dari 60 MPa.

2. Durabilitas

Beton memiliki sifat tahan terhadap cuaca, korosi, dan keausan. Namun, perawatan yang tepat diperlukan untuk menjaga durabilitasnya. Pada umumnya, beton direncanakan untuk memiliki masa pakai yang panjang dan mampu bertahan dalam kondisi lingkungan yang keras.

3. Kerja Massa (Workability)

Beton harus memiliki kerja massa yang baik agar dapat dicor dan diratakan dengan mudah. Kerja massa beton dipengaruhi oleh proporsi dan kualitas bahan-bahan yang digunakan, serta penggunaan aditif tertentu. Kerja massa yang baik memudahkan proses pengecoran dan membentuk beton dengan akurasi yang tinggi.

4. Kekakuan dan Stabilitas

Beton memiliki kekakuan yang tinggi, yang memungkinkannya untuk menahan beban lentur dan torsi. Selain itu, beton memiliki stabilitas dimensional yang baik, artinya beton tidak mengalami perubahan dimensi yang signifikan saat mengering atau setelah proses pengerasan.

5. Kebakaran

Beton memiliki sifat tahan terhadap api. Ini membuatnya menjadi pilihan yang baik untuk digunakan dalam struktur yang membutuhkan perlindungan terhadap bahaya kebakaran, seperti gedung bertingkat tinggi dan bangunan industri.

6. Thermal Mass (Massa Termal)

Beton memiliki kemampuan untuk menyimpan panas dan menyerap energi termal. Sifat ini memungkinkan beton untuk menjaga suhu dalam ruangan yang lebih stabil, mengurangi fluktuasi suhu eksternal dan menghemat energi pendinginan dan pemanasan.

7. Permeabilitas

Beton dapat memiliki tingkat permeabilitas yang berbeda tergantung pada komposisi dan kualitasnya. Penambahan aditif atau penggunaan beton berteknologi tinggi dapat mengurangi permeabilitas beton, sehingga mengurangi risiko infiltrasi air atau zat kimia yang dapat merusak struktur.

Kombinasi karakteristik ini membuat beton menjadi salah satu bahan konstruksi yang paling umum dan serbaguna dalam industri konstruksi.

Setelah membahas karakteristik beton dalam konstruksi, berikut Bentuk Penampangan Balok Beton :

Penampang balok beton dapat memiliki berbagai bentuk yang sesuai dengan kebutuhan struktural. Berikut ini adalah beberapa bentuk penampang balok beton yang umum digunakan:
1.    Penampang Balok Persegi atau Persegi Panjang

 Ini adalah bentuk penampang balok yang paling sederhana, dengan dimensi lebar dan tinggi yang sama (untuk balok persegi) atau dua sisi yang lebih panjang dari dua sisi lainnya (untuk balok persegi panjang). Penampang balok persegi atau persegi panjang sering digunakan dalam konstruksi umum, seperti lantai, dinding, atau struktur pendukung lainnya.

2.    Penampang Balok T

 Penampang balok T beton terdiri dari bagian atas yang lebih lebar (flensa atas) dan bagian bawah yang lebih sempit (flensa bawah), dengan pelat vertikal yang menghubungkan keduanya (web). Penampang balok T beton sering digunakan dalam konstruksi lantai beton bertulang, di mana flensa atas berfungsi sebagai pelat lantai dan flensa bawah berfungsi sebagai balok struktural.

3.    Penampang Balok I

Penampang balok I beton mirip dengan penampang balok T, tetapi memiliki flensa atas dan flensa bawah yang memiliki lebar yang sama. Penampang balok I beton efisien dalam menahan momen lentur dan torsi, dan sering digunakan dalam struktur yang memerlukan kekuatan tinggi, seperti jembatan, bangunan bertingkat, dan struktur yang membutuhkan rentang panjang.

4.    Penampang Balok L

Penampang balok L beton memiliki satu flensa yang lebih lebar dan satu flensa yang lebih sempit, membentuk sudut 90 derajat. Penampang balok L beton sering digunakan dalam konstruksi dengan tipe struktur khusus atau ketika penampang yang lebih lebar diperlukan di satu arah tertentu.

5.    Penampang Balok Bulat atau Silinder

Penampang balok bulat atau silinder digunakan dalam aplikasi khusus di mana penampang melingkar lebih sesuai. Penampang ini umumnya digunakan dalam struktur seperti jembatan kabel atau tiang penyangga dengan struktur melingkar.
Perlu dicatat bahwa ada banyak jenis penampang balok beton lainnya yang dirancang khusus sesuai dengan kebutuhan proyek dan tuntutan struktural.

 

sekian pembahsan mengenai Struktur Beton dalam Konstrusi Bangunan semoga saja dapat menambah wawasan anda, jika ingin tau lebih banyak bisa kunjungi situs web kami di asiacon.co.id. Dan jika Anda membutuhkan Produk Beton Pracetak, silahkan hubungi kami pada no dibawah ini. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

by ASIACON: Box Culvert, Konblok Harga, Pagar Panel Beton Motif, Conblock Taman.

Bagaimana Kami Dapat Membantu Anda?

Informasi produk & cara pemesanan, hubungi kami via WhatsApp!

source : #jalan aspal

Let's Share This:
Posted in News and tagged , .