bak kontrol air saluran drainase

Pengertian, Fungsi dan Ukuran Bak Kontrol Air

Bak kontrol adalah sebuah wadah besar atau bak besar berlubang dengan tutup diatasnya. Bak kontrol air memiliki berbagai fungsi dalam kehidupan manusia, salah satu fungsi bak kontrol adalah sebagai saluran drainase. Bak kontrol drainase harus ditempatkan pada belokan saluran air yang tertutup dengan panjang dan kedalaman yang disesuaikan.

Bak kontrol adalah komponen penting pada saluran drainase dan jika terdapat perubahan ataupun penambahan saluran. Jika hal itu terjadi, maka bak kontrol perlu ditempatkan pada setiap belokan saluran tambahan tersebut.

Detail Ukuran Bak Kontrol Saluran Air

Ukuran bak kontrol adalah disesuaikan dengan kebutuhan dari saluran air yang dibuat. Umumnya bak kontrol yang digunakan dengan lebar 50 cm dengan kedalaman yang sama atau lebih dalam lagi yakni 60 -70 cm.

Disarankan agar dimensi detail bak kontrol tidak berukuran lebih kecil dibandingkan saluran air yang dihubungkannya. Sebagai contoh lebar dari saluran air adalah 60 cm, minimal lebar dari bak kontrol yang disarankan yakni sesuai dengan ukuran saluran air atau lebih yaitu 70 cm. Begitu juga dengan kedalaman dari bak kontrol yang harus disesuaikan dengan kedalam dari saluran airnya.

Penting sekali untuk kita memperhatikan metode pelaksanaan pekerjaan bak kontrol. Tujuannya agar debit air yang mengalir dapat maksimal dan sesuai dengan perencanaan awal pekerjaan.

Lihat juga: Metode Analisa Pemasangan U DItch

Bahan Baku Pembuatan Bak Kontrol Drainase

bak kontrol air saluran drainase
img source 123RF.com

Material utama yang paling baik untuk pembuatan bak kontrol saluran air adalah beton, namun hal itu tergantung dari fungsi bak kontrol itu sendiri. Bak beton untuk saluran drainase biasanya menggunakan beton bertulang.

Pilihan untuk tutup bak kontrol bervariasi sesuai dengan keinginan konsumen dan tujuan dari bak kontrol tersebut. Desainnya bisa dengan tutup bak kontrol besi, tutup bak kontrol precast, atau grill besi.

Manfaat Bak Kontrol Saluran Air

Bak kontrol selokan memilki berbagai manfaat untuk kelancaran saluran air yang selalu digunakan oleh manusia. Disamping itu, penggunaan bak control dapat difungsikan sebagai bak kontrol grounding penangkal petir.

Manfaat pengaplikasian bak kontrol yang lainnya yaitu sebagai berikut:

1. Mencegah Terjadinya Penyumbatan Pada Saluran Air

Bak kontrol air kotor adalah komponen penting yang memperlancar belokan saluran air pada hunian seperti rumah. Dengan rutin melakukan pengecekan pada bak kontrol, kemungkinan terjadinya penyumbatan akan mudah diminimalisir.

Bak kontrol memudahkan pengguna saluran drainase untuk membersihkan faktor yang menjadi tersumbatnya saluran drainase tersebut. Dengan demikan kegiatan pembuangan air seperti mandi atau mencuci, bisa dilakukan dengan lancar tanpa adanya air yang tergenang di kamar mandi.

2. Bak Kontrol Mudah Dibuka

Bak kontrol memiliki tutup pembuka berupa gagang yang kuat. Kurangnya edukasi masyarakat tentang bak kontrol mengakibatkan mereka memilih untuk menutup secara keseluruhan bak kontrol yang ada di lingkungan mereka. Jika bak kontrol tidak ditutup secara utuh maka pengecekan kondisi saluran dapat dibersihkan dengan mudah.

Cek Disini: Harga Gorong Gorong Terbaru

3. Bak Kontrol Mudah Dibersihkan

Bak kontrol yang terdapat pada belokan saluran drainase memiliki potensi untuk menyimpan endapan kotoran. Akan tetapi, beda halnya jika belokan pada drainase air tidak diberikan bak kontrol maka endapan kotoran akan sangat menumpuk dan sulit dibersihkan.

Dengan memasang bak kontrol, endapan kotoran selain dapat di minimalisir juga mudah dibersihkan karena terbuat dari beton precast yang bisa dibuka.

4. Bak Kontrol Dapat Diberi Fitur Tambahan

Jika saluran air terlalu banyak cabang, maka disarankan agar desain bak kontrol diberi jeruji besi pada ujung saluran atau pipa air. Hal ini berguna untuk mencegah masuknya tikus yang menyebabkan penyumbatan pada saluran drainase.

Bak kontrol adalah material bangunan yang memiliki peran vital dalam kehidupan manusia, terutama untuk saluran drainase. Jika pada belokan saluran drainase tidak dilengkapi dengan bak kontrol maka penyumbatan akan mudah terjadi. Semoga bermanfaat.

source : #bak kontrol adalah #bak kontrol air #pengertian bak kontrol #fungsi bak kontrol #ukuran bak kontrol #tutup bak kontrol #bak kontrol drainase

Bagaimana Kami Dapat Membantu Anda?

Informasi produk & cara pemesanan, hubungi kami via WhatsApp!

Posted in Ilmu Sipil, News and tagged , , , .