turap batu kali

Pengertian Dan Fungsi Turap Penahan Tanah

Pengertian Turap Dinding Penahan Tanah

Turap adalah susunan konstruksi batu kali yang bertujuan untuk penahan tekanan pada tanah, sehingga berguna untuk mencegah longsor.

Pengaplikasian turap jelas berbeda dengan memasang talud meskipun memiliki fungsi yang sama, yakni menahan pergerakan lahan yang tidak stabil.

Dinding turap akan selalu dilengkapi dengan penyangga, sebab diameter dinding tersebut terbilang tipis.

Bentuknya yang sederhana membuat proses pengerjaannya jauh lebih cepat.

Hanya saja bagi tanah perbukitan atau yang menanjak, serta lahan yang berkontur bebatuan tidak cocok mengaplikasikan penyangga tanah jenis ini.

Fungsi Turap Batu Kali

Indonesia sendiri memiliki begitu banyak jalan yang harus melewati tebing pegunungan.

Selain itu sungai-sungai berdebit air besarpun tersebar di sejumlah daerah di kota besar.

Hal yang mengkhawatirkan, ketika aliran sungai tersebut melewati kawasan yang padat penduduk.

Akibatnya jeda antara air dengan penghalang seperti turap sangatlah sempit.

Jenis turap beton maupun turap batu kali merupakan yang paling sering dipergunakan sebagai dinding penahan.

Turap beton terdiri dari balok beton yang sudah di desain memiliki ujung bawah yang meruncing, agar mampu menahan beban kerja turap kedepannya.

Desain turap beton ini di yakini membuat lebih mudah dalam proses pemasangan dan pekerjaannya.

Turap beton atau sheet pile beton umumnya diaplikasikan pada konstruksi bermedan sulit atau pada bangunan penting yang sifatnya permanen.

Survei lapangan merupakan langkah pertama sebelum membuat perencanaan kerja.

Hal yang menjadi pertimbangan adalah dari sisi topografi, geologi, kontur tanah, jenis bangunan, serta tekanan air maupun kepadatan tanah.

turap batu kali
img source: twitter sudinsdajaksel

Pertimbangan Metode Perencanaan Pekerjaan Turap

Setelah diketahui data atas hal-hal tersebut, maka metode perencanaan juga mulai mencakup beberapa faktor penting, seperti:

1. Proses pengaplikasian turap beton harus mampu se-efisien mungkin agar mampu menahan dorongan yang dari luar seperti dorongan tekanan air.

2. Karena berbentuk dinding vertikal. Maka ketebalan dinding turap di buat dengan memperhitungkan lama waktu pemakainan. Kapan di perlukan untuk pemasangan ulang kembali.

3. Alat-alat berat yang diperlukan menunjang proses konstruksi memerlukan tempat. Sebab membawa balok penyangga tidaklah mudah, serta membutuhkan lahan penyimpanan.

4. Lokasi pengaplikasian turap, menjadi faktor yang mampu menunjukkan seberapa sulit proses pengerjaan kedepannya.

5. Kepemilikan ijin bekerja serta anggaran yang disediakan menjadi pertimbangan penting tahap perencanaan.

Untuk detail teknis cara pemasangan turap beton telah kami bahas pada artikel yang berjudul Metode pemasangan sheet pile beton.

Macam Jenis Desain Penahan Tanah (Turap)

Seperti yang tadi sudah di bahas tura merupakan dinding vertikal yang disangga oleh tiang penyangga. Berikut ini adalah jenis-jenis desain dari dinding turap :

1. Kantilever

Desain dinding turap jenis ini memanfaatkan dorongan tanah dari bagian depan dinding. Bertujuan menahan tekanan defleksi beban lateral yang terbilang besar. Tipe cocok di aplikasikan pada lahan dengan tingkat kesulitan menengah.

2. Diangker

Dinding turap diangker biasanya dipakai menahan tebing galian. Pengaplikasiannya juga sangat bergantung dengan kontur dan jenis tanah. Jenis ini menggunalan tiang penyangga sebagai fondasi menahan beban lateral.

3. Landasan

Dinding turap tipe ini menahan tekanan tanah dengan bantuan tiang penyangga yang diletakkan pada titik-titik strategis. Nantinya tiang tersebut membantu kinerja turap. Lokasi yang cocok untuk pengaplikasian turap tipe landasan adalah sepanjang lintasan kereta api.

Apapun tipe dari turap yang akan digunakan menahan tanah, dinding penahan harus dapat memberikan kontribusi manfaat yang maksimal. Idealnya turap juga mampu menghadapi beragam siklus seperti basah hingga kering.

Dinding vertikal memang mendorong tanah lateral secara terus menerus. Harus bisa bersinergi dengan tiang penyangga yang dipasang. Nantinya lantai penutup dapat dimanfaatkan sebagai lahan terbuka.

Bagaimana Kami Dapat Membantu Anda ?

Untuk membuat janji presentasi atau informasi lebih lanjut, hubungi kami sekarang juga !

Bagaimana Kami Dapat Membantu Anda ?

Untuk membuat janji presentasi atau informasi lebih lanjut, hubungi kami sekarang juga !

source : pengertian turap, fungsi turap, turap adalah

Digiprove sealCopyright secured by Digiprove
Posted in Ilmu Sipil, News and tagged , .