rabat beton adalah

Pengertian Dan Fungsi Rabat Beton

Beton

Beton merupakan salah satu hasil kontruksi yang sangat banyak manfaatnya dan vital perannya dalam struktur dari suatu bangunan.

Secara definisi, beton adalah bahan bangunan komposit yang terbuat dari kombinasi bahan agregrat di dalamnya dengan pengikat semen.

Beton biasanya digunakan dalam bangunan sebagai rangka penyanga yang kuat untuk bagunan berlantai lebih dari satu maupun sebagai lantai fondasi.

Beton dapat digunakana pada berbagai tempat yang salah satunya disebut dengan rabat beton.

Untuk lebih memahami pengertian dan fungsi dari rabat beton, berikut penjelasan mengenai hal tersebut dalam ulasan di bawa ini.

Rabat Beton Adalah

Untuk lebih mengenal mengenai rabat beton dan fungsinya maka hal pertama yang harus diperhatikan terlebih dahulu adalah pengertian dari rabat beton.

Secara definisi, rabat beton adalah lapisan beton berkualitas rendah yang dibandung di bawah tanah dalam proses pendirian bangunan.

Perbedaan dari beton biasa dan rabat beton adalah campuran konsentrat dan semen dalam pembuatannya serta kualitas dari beton tersebut dimana rabat beton lebih memiliki kualitas rendah.

Fungsi Rabat Beton

Seperti dalam penjelasan diatas, rabat beton adalah beton dengan fungsi tersendiri yang berbeda dengan jenin beton lainnya.

Rabat beton dibuat dengan bahan konsentrat yang sama dan semen pengikat namun memiliki kualitas yang kurang.

Dengan kualitas yang kurang tersebut maka ada kegunaan tertentu yang dapat dimanfaatkan dari rabat beton, fungsi dari rabat beton adalah :

  1. Mempermudah Proses Pembuatan Cor Bangunan

    Fungsi pertama rabat beton adalah untuk mempermudah proses pembuatan cor dalam sebuah bangunan.

    Rabat beton tidak sepenuhnya harus ada dalam setiap pembuatan bangunan tertentu karena tidak memberikan pengaruh tertentu pada kualitas dari konstruksi bangunan yang sedang dibangun.

    Adanya rabat beton akan lebih membantu jalannya proses pembuatan sebuah kontruksi bangunan.

  2. Berfungsi Sebagai Landasan

    Manfaat dan fungsi dari rabat beton selanjutnya adalah sebagai landasan dalam bangunan.

    Dengan fungsinya yang hanya sebagai landasan,

    rabat beton biasanya dibangung dengan ketebalan yang tidak lebih dari 5 cm dan memang memiliki mutu yang kurang baik karena tidak memberikan pengaruh langsung pada konstruksi bangunan.

  3. Menjadikan Proses Pengerjaan Konstruksi Berjalan Lebih Cepat

    Fungsi lainnya dari adanya rabat beton dalam proses pembangunan adalah untuk membantu menjadikan pengerjaan berjalan dengan lebih cepat terutama ketika kontur dan tekstur dari tanah pijakan dalam bangunan tersebut becek dan tidak stabil.

    Dengan adanya rabat beton sebagai landasan maka pengerjaan konstruksi diatasnya akan berjalan dengan lebih baik.

  4. Meluruskan Permukaan Tanah

    Fungsi selanjutnya dari rabat beton aalah untuk meluruskan permukaan tanah dari sebuah bangunan yang sedang dibangun.

    Pelurusan tersebut diperlukan terutama untuk bagian tanah dalam bangunan yang memang tidak teratur atau bergelombang sehingga mempermudah pengerjaan bagian lain diatasnya.

  5. Mempermudah Pembesian Tulangan Beton

    Manfaat lain dari adanya rabat beton di dalam sebuah pembangunan adalah untuk mempermudah pembesian tulangan beton.

    Dengan adanya rabat beton yang sudah memliki permukaan lurus dan stabil maka setelah kering pembesian tulangan beton dapat dilakukan dengan lebih mudah dibandingkan tanpa adanya rabat beton.

Itulah penjelasan mengenai pengertian dan fungsi rabat beton yang perlu diperhatikan sebagai salah satu bahan konstruksi yang bisa digunakan dan juga tidak dalam sebuah pembangunan.

Melalui penjelasan diatas, fungsi rabat beton adalah membantu jalannya proses pembangunan lanjutan untuk dapat menjadi lebih cepat dan efektif.

Bagaimana Kami Dapat Membantu Anda ?

Untuk membuat janji presentasi atau informasi lebih lanjut, hubungi kami sekarang juga !

Bagaimana Kami Dapat Membantu Anda ?

Untuk membuat janji presentasi atau informasi lebih lanjut, hubungi kami sekarang juga !

source : motif pemasangan paving block, pola pemasangan paving block, motif paving warna, motif paving terbaru, motif paving block

Digiprove sealCopyright secured by Digiprove

Halaman Terkait :

Posted in Beton Prategang, News and tagged , , .