pemasangan box culvert

Metode Pekerjaan Pemasangan Box Culvert atau Gorong-Gorong

Definisi Box Culvert

Box culvert adalah salah satu jenis beton pracetak yang umumnya berdimensi seperti kubus dengan ukuran yang relatif besar.

Fungsi utama dari box culvert sendiri yaitu sebagai bahan konstruksi untuk membuat saluran air.

Kita biasa menyebutnya dengan gorong-gorong.

Walau biasanya yang banyak ditemui adalah bentuk persegi, box culvert juga tersedia dengan berbagai bentuk dan ukuran yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Di setiap sisi box culvert terdapat semacam penghubung untuk disambungkan dengan box culvert lainnya.

Sambungan ini dikenal dengan socket dan spigot yang berbentuk seperti pipa dan bersifat kedap air.

Dengan adanya socket dan spigot, antar box culvert akan tetap menyatu walaupun terjadi pergeseran tanah.

Aplikasi Box Culvert

Box culvert biasanya diaplikasikan sebagai drainase berukuran besar seperti pada jembatan.

Umumnya Box culvert dipasang di bawah tanah area jalan raya.

Adanya box culvert dapat berfungsi sebagai saluran air yang akan memudahkan konstruksi pekerjaan jalan.

Tidak hanya berfungsi sebagai drainase, box culvert terkadang dapat kita jumpai sebagai bahan material terowongan dan gorong-gorong kereta api.

Metode Pemasangan Box Culvert

  1. Persiapan Area Pemasangan

    Tahap pertama adalah mempersiapkan area pemasangan box culvert supaya ukurannya sesuai dengan kebutuhan. Ukuran ini meliputi kedalaman dan lebar lubang yang akan dibentuk. Kedalaman lubang galian harus memenuhi persyaratan minimum yang telah ditentukan pabrik dari produk tersebut. Dan lebarnya juga harus menyesuaikan ukuran box culvert yang akan digunakan.

    Selain ukuran lubang yang harus dipersiapkan, ada hal lain yang perlu diperhatikan, seperti, kemiringan saluran air, proses dewatering apabila lokasi berada di parit air, dan lain sebagainya.

  2. Pelapisan Tanah

    Tahap selanjutnya adalah melapisi tanah untuk mengalasi box culvert. Pelapisan tanah ini diperlukan supaya box culvert tidak bergeser ketika sudah dipasang. Dan hindari menggunakan material kasar karena akan merusak produk.

    Pada umumnya, kisaran tinggi lapisan tanah yang dibuat yaitu 75 mm. Tetapi apabila struktur tanah terdiri dari bebatuan, maka lapisan yang dibentuk paling tidak setinggi 150 mm.

  3. Pemasangan Box Culvert

    Sekarang masuk ke tahap inti, yaitu proses pemasangan box culvert. Peletakan box pertama harus setepat mungkin karena akan mempengaruhi posisi box selanjutnya. Ketinggian dan kemiringan harus sesuai pada posisi peletakkan yang telah direncanakan. Untuk meletakan setiap box culvert, perhatikan posisi spigot dan socket, pastikan spigot berada di hilir dan socket di hulu.

    Biasanya untuk memasukkan box culvert ke lubang galian digunakan alat besar seperti crane dan alat bantu rantai untuk mengangkat box culvert. Hal ini karena bobot box culvert sangat beran, bisa mencapai 5 ton.

    Setelah masuk ke dalam lubang galian, lakukan juga pengepasan dengan box culvert sebelumnya. Perhatikan posisi spigot dan socket agar dapat menyatu tanpa ada celah. Lakukan secara bertahap hingga semua box culvert terpasang.

    Proses pemasangan box culvert secara keseluruhan memang memerlukan waktu yang lama, karena untuk memasang satu box culvert saja perlu kecekatan dan ketelitian. Apalagi jika area kerja cukup panjang.

  4. Pengurugan Tanah

    Setelah antar box telah menyatu, tahap selanjutnya adalah finishing, yang terdiri dari pengurugan dan pemadatan tanah. Urug kembali area sisi luar box culvert dengan tanah. Lakukan sampai area terlihat rapi seperti semula. Namun, proses ini perlu dilakukan dengan hati-hati jangan sampai proses pemadatan menimbulkan kerusakan atau pergeseran pada box culvert.

Sekian artikel mengenai metode Pelaksanaan Pekerjaan Pemasangan Box Culvert.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan pembaca.

Terima kasih.

Bagaimana Kami Dapat Membantu Anda ?

Untuk membuat janji presentasi atau informasi lebih lanjut, hubungi kami sekarang juga !

Bagaimana Kami Dapat Membantu Anda ?

Untuk membuat janji presentasi atau informasi lebih lanjut, hubungi kami sekarang juga !

source : spesifikasi teknis pemasangan box culvert, analisa pekerjaan box culvert, metode pelaksanaan pekerjaan gorong-gorong, cara pengerjaan box culvert, pembesian box culvert

Digiprove sealCopyright secured by Digiprove
Metode Pekerjaan Pemasangan Box Culvert atau Gorong-Gorong
5 (100%) 12 votes

Halaman Terkait :

Posted in Box Culvert, News and tagged , .