gambar pondasi batu kali

Cara Menghitung Volume Pondasi Batu Kali

Pada artikel dibawah ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai cara menghitung volume pondasi batu kali.

Tahapan Cara Menghitung Volume Pondasi Batu Kali

Pembangunan batu kali seringkali membuat masyarakat berpikir akan kebutuhan yang harus dilengkapi. Ketika ada sebuah proyek besar, biasanya cara menghitung kebutuhan pondasi batu kali ini akan dilakukan oleh seorang ahli teknik sipil.

Namun, ketika pondasi tersebut hanya diperlukan dalam kehidupan biasa dan lingkungan sekitar saja maka perhitungan dapat Anda lakukan sendiri dirumah.

Berikut ini adalah tahapan-tahapan cara menghitung volume pondasi batu kali untuk bangunan :

1. Melihat Area yang Dituju

Ketika Anda akan melakukan sebuah pembangunan, maka hal awal yang harus dipahami adalah melihat area yang dituju. Ini sangat penting mengingat area tersebut nantinya akan dijadikan sebuah bentuk baru yang tujuannya pastinya untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Ketika melihat area atau tanah yang akan dibangun sebuah proyek pondasi batu kali, maka Anda bisa memperkirakan seberapa besar pondasi nanti akan dibuat. Perhitungan akan pondasi harus benar-benar tepat dan tidak memiliki ukuran yang terlalu besar maupun sempit.

Pekerjaan beton pracetak pun ada yang berkaitan dengan pembangunan pondasi batu kali, yaitu pekerjaan pemasangan pagar beton precast.

2. Menghitung Volume Urugan

Langkah kedua, Anda harus menghitung volume urugan dari pondasi. Perhitungan volume urugan memang banyak digunakan dalam hal pembangunan infrastruktur seperti jalan raya, taman, dan lainnya.

Perhitungan volume urugan ini sangat penting dalam hal perhitungan rencana anggaran biaya pembangunan.

Adapun ketetapan rumus untuk menghitung volume urugan pasir adalah volume urugan pasir = panjang bagian pondasi x lebar pondasi x tebal dari urugan. Untuk masalah satuan semuanya menggunakan meter disetiap hitungannya.

3. Menghitung Volume Pasangan Batu Kali Kosong

Pasangan batu kosong seringkali disebut dengan aanstamping. Untuk mengukurnya maka Anda bisa menggunakan rumus volume pasangan batu kosong = panjang pondasi x lebar dari pondasi x tebal pasangan batu kosong.

Perhatikan dengan benar dalam perhitungan karena disetiap hitungannya akan berpengaruh besar terhadap jadi tidaknya sebuah proyek.

gambar pondasi batu kali
img source: masjidukhuwah.wordpress.com

4. Menghitung Volume Pondasi Batu Kali

Dalam hal ini, Anda harus menghitung mengenai panjang pondasi, lebar atas, lebar bawah, ketinggian, dan volume pondasi disetiap meter. Beberapa rumus yang harus diketahui adalah volume pondasi batu kali = Luas dari penampang pondasi x panjang dari Pondasi.

Pondasi yang dihitung harus tepat karena ini menjadi dasar dalam pembangunan. Kuat tidaknya proyek tergantung pada pondasi yang akan dibuat. Untuk itu, perhitungan pondasi harus dilakukan secara intensif dan sangat teliti.

Ketika perhitungan pondasi benar dan dibangun dengan pekerjaan yang maksimal maka proyek akan kuat dan dapat bertahan lama.

5. Menghitung Kebutuhan Bahan dan Biaya

Yang terakhir adalah mengenai kebutuhan bahan dan biaya. Setelah mengetahui berapa perhitungan volume urugan, pasangan batu kosong, dan pondasi maka Anda harus melihat dan mengecek bahan dipasaran.

Perhatikan harga bahan bangunan dari kebutuhan biaya tersebut seperti semen, agregat halus, dan hal lainnya. Karena seperti yang Anda ketahui bahwa harga bahan tidaklah stabil namun tidak menutup kemungkinan jika harganya tidak akan terpaut jauh.

Untuk itu, hitunglah dengan baik berapa kg bahan yang dibutuhkan untuk pemenuhan hitungan meter kuadrat. Dengan begitu, proyek akan terstruktur dan akan berjalan dengan baik.

Itulah penjelasan mengenai Cara Menghitung Volume Kebutuhan Pondasi Batu Kali. Ketika Anda ingin mengukur dan menghitung sendiri beberapa proyek diatas maka Anda harus benar-benar teliti akan hal tersebut.

Ikuti langkah demi langkah secara runtut dan pastikan pengukuran tidak dilakukan dengan tergesa-gesa. Lakukan diskusi dengan beberapa orang untuk mendapatkan hasil yang akurat.

Setelah semua perhitungan selesai, maka belilah bahan yang digunakan untuk pondasi batu kali tersebut dan kerjakan proyek tersebut dengan maksimal.

oleh ASIACONDistributor Conblock, Saluran U Ditch, Tutup U Ditch, Kanstin Taman

Bagaimana Kami Dapat Membantu Anda ?

Untuk membuat janji presentasi atau informasi lebih lanjut, hubungi kami sekarang juga !

source : #pondasi batu kali #menghitung volume batu kali

Posted in Ilmu Sipil, News and tagged , .