pengertian beton pracetak

Manfaat Dan Kegunaan Beton Prategang

Sebagai salah satu material konstruksi yang sering digunakan dari waktu ke waktu, beton mengalami perkembangan sesuai dengan kebutuhan dan kondisi yang ada. Hal inilah yang kemudian menyebabkan dibuatnya beton prategang, salah satu jenis beton yang cukup sering digunakan pada konstruksi sekarang ini. Meskipun terbilang baru jika dibandingkan dengan beton konvensional, manfaat dan kegunaan beton prategang ini membuatnya terus digunakan dalam proyek konstruksi.

Pengertian Beton Prategang

Sebelum membahas lebih jauh mengenai kegunaan beton prategang, ada baiknya kita memahami dengan baik apa beton prategang itu sendiri.

Beton prategang merupakan beton yang diberikan tegangan-tegangan di dalamnya guna mengurangi tekanan tarik yang dapat menimbulkan keretakan.

Pembuatan beton prategang ini muncul berdasarkan fenomena bahwa beton selama ini hanya kuat menahan tekanan beban berat saja, namun tidak bisa menahan tekanan tarikan yang ada.

Untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan tekanan tarik tersebut, maka diberikanlah tegangan pada tulang beton yang terbuat dari baja.

Material tulang baja yang digunakan pada beton prategang memang sengaja dipilih karena baja memiliki kemampuan untuk menahan tekanan tarik.

Sehingga material baja tersebut dianggap sangat cocok untuk digunakan dalam tulang beton prategang agar keretakan dapat dihindari dengan baik.

Metode pemberian tekanan dalam beton prategang sendiri dapat dilakukan dengan dua cara dengan menggunakan peralatan khusus.

Yang pertama adalah metode pra tarik, yaitu tegangan diberikan sebelum beton dicor dan mengeras menjadi bentuk tertentu yang diinginkan.

Sedangkan yang kedua adalah metode pasca tarik, dimana tegangan diberikan ketika beton telah dicor dan mulai mengeras.

Manfaat Dan Kegunaan Beton Prategang

Setelah mengetahui apa itu beton prategang, selanjutnya kita akan membahas manfaat dan kegunaan beton prategang pada proses konstruksi.

Berikut adalah beberapa kegunaan beton prategang yang perlu untuk kita ketahui :

1. Mengatasi Masalah Keretakan

Seperti yang telah dibahas pada bagian sebelumnya, penyebab dibuatnya beton prategang adalah adanya keretakan akibat beton yang tidak kuat menahan tekanan tarik.

Beton prategang pun hadir guna mengatasi masalah keretakan pada beton dan bangunan secara keseluruhan.

Keretakan itu tentunya akan sangat berbahaya jika tidak segera ditangani, apalagi jika beton digunakan sebagai bagian fundamental seperti jembatan atau pondasi bangunan.

2. Mencegah Kerusakan dan Korosi

Kegunaan beton prategang yang selanjutnya adalah dapat mencegah terjadinya kerusakan dan korosi, atau pengikisan pada bagian tubuh beton.

Sama seperti keretakan, kerusakan dan korosi ini akan sangat berbahaya jika tidak segera diatasi dengan baik.

Dengan menggunakan beton prategang, kerusakan dapat dihindari meskipun beton digunakan pada tempat dan lingkungan yang rentan terkena korosi sekalipun.

3. Menghasilkan Beton Yang Lebih Kuat

Kegunaan beton prategang yang ketiga adalah dapat dihasilkannya beton yang lebih kuat, baik dari segi ketahanan terhadap beban berat maupun tekanan tarik.

Hal ini membuat beton dapat digunakan pada berbagai proyek konstruksi, terutama pada konstruksi infrastuktur yang penting untuk menggunakan beton berkualitas.

Beton prategang dapat digunakan pada proyek-proyek konstruksi besar seperti pembangunan jembatan, gedung tinggi, dan lain sebagainya.

4. Menghasilkan Beton Yang Berbentuk Ramping dan Rapi

Kegunaan beton prategang yang terakhir adalah dapat dihasilkannya beton yang memiliki bentuk ramping dan rapi, sehingga memiliki nilai lebih dari segi keindahan.

Bentuknya yang ramping dan rapi ini juga membuatnya lebih mudah serta efisien untuk digunakan pada berbagai bagian konstruksi yang dibutuhkan.

Dengan begitu, penggunaan beton prategang memiliki nilai lebih baik dari segi fungsi maupun dari sisi nilai estetika dan keindahan.

Itulah beberapa kegunaan beton prategang yang dapat ditemukan dalam penerapannya pada proyek konstruksi.

Menggunakan beton prategang memang dapat menjadi solusi untuk kebutuhan terhadap beton yang kuat, terhindar dari kerusakan, dan memiliki nilai keindahan.

Beberapa kegunaan beton prategang tersebut juga dapat menjadi nilai lebih bagi Anda yang sedang mempertimbangkan untuk menggunakan beton ini.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda !

Bagaimana Kami Dapat Membantu Anda ?

Untuk membuat janji presentasi atau informasi lebih lanjut, hubungi kami sekarang juga !

Bagaimana Kami Dapat Membantu Anda ?

Untuk membuat janji presentasi atau informasi lebih lanjut, hubungi kami sekarang juga !

source : manfaat beton prategang, kegunaan beton prategang

Digiprove sealCopyright secured by Digiprove
Manfaat Dan Kegunaan Beton Prategang
5 (100%) 9 votes

Halaman Terkait :

Posted in Beton Prategang, News and tagged , .