turap beton atau sheet pile

Kelebihan Dan Kekurangan Turap Penahan Tanah

Setelah sebelumnya Kita sudah membahas pengertian dan fungsi turap, maka pada kesempatan ini kita akan mengupas mengenai “Kelebihan dan Kekurangan Turap“.

Setiap konstruksi bangunan selalu membutuhkan biaya yang besar, apalagi terkait dengan penahan tanah yang membutuhkan tenaga dan bahan bangunan yang tidak sedikit. Salah satu cara yang efektif sebagai penahan tanah sementara dan dengan biaya yang relatif murah adalah turap.

Pengerjaan turap ini relatif lebih cepat, bahkan bisa digunakan untuk beberapa kali. Turap memang dikhususkan untuk konstruksi sementara dalam menahan tanah. Banyak sekali kelebihannya, namun juga ada beberapa kekurangan dalam penggunaan pondasi turap ini.

Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan penggunaan turap sebagai penahan tanah.

Kelebihan Turap Sebagai Penahan Tanah

Kelebihan penggunaan turap ini bisa dilihat dari segi biaya dan kecepatan pembuatannya. Berikut beberapa kelebihan dari penggunaan turap :

1. Biaya Murah

Bahan-bahan yang digunakan untuk pembuatan turap relatif murah dibanding dengan dinding penahan tanah (DPT). Beberapa macam turap dibedakan berdasarkan jenis bahan yang digunakan. Yaitu papan turap yang terbuat dari kayu, turap beton atau sheet pile, dan turap baja.

Pada penggunaan papan turap kayu ini jelas sekali harganya sangat murah. Hanya saja ketahanannya juga relatif sangat singkat. Turap jenis ini juga digunakan untuk tanah yang tidak terlalu tinggi. Tanah yang cocok adalah jenis tanah biasa yang tidak berkerikil atau bahkan berbatu.

Kedua adalah turap beton yang biasanya sudah ada di perusahaan beton precast dan dibuat secara fabrikasi. Turap beton ini berbentuk papan dengan tebal paling kecil adalah 20 cm. Hampir sama dengan turap kayu, namun turap jenis ini memiliki ketahanan yang lebih baik. Turap ini relatif tahan terhadap tekanan tanah dan momen pengangkatan, sehingga lebih tahan lama dibanding turap kayu.

Ketiga adalah turap baja. Meski lebih mahal daripada kedua jenis turap lainnya, turap ini memiliki ketahanan paling kuat. Pemasangannya juga mudah, dan bisa digunakan di tanah berkerikil dengan tekanan yang kuat. Turap jenis ini juga bisa digunakan berkali-kali karena ketahanannya tersebut. Jadi, setelah proyek konstruksi selesai, turap ini bisa diangkat dan digunakan kembali.

2. Proses Pembuatannya Mudah Dan Cepat

Proses pembuatan turap relatif lebih mudah dan cepat. Caranya cukup dengan ditanamkan di bagian tanah yang ingin ditahan. Biasanya sudah ada alat khusus untuk menancapkan turap-turap ini, khususnya untuk jenis turap baja yang mempunyai ketahanan paling tinggi meskipun harganya mahal. Alternatifnya yaitu turap yang terbuat dari beton pracetak atau beton precast.

3. Mudah Bongkar Pasang Dan Di Pindahkan

Kelebihan lainnya dari turap ini adalah bisa dipindahkan berulang-ulang kali. Prosesnya pemindahannya pun sangat mudah karena cukup dengan diangkat dengan alat khusus atau juga bisa digali. Penancapannya yang tidak terlalu dalam ke tanah membuat turap ini bersifat portable.

4. Efektif Diterapkan Pada Jenis Tanah Ringan

Pembuatan turap ini digunakan untuk jenis-jenis tanah yang ringan. Kondisi yang cocok untuk penggunaan turap ini adalah tanah yang tidak berbatu, dengan tekanan air yang tidak terlalu besar. Oleh karenanya jenis tanah sangat berpengaruh terhadap pertimbangan dalam penggunaan penahan tanah tersebut.

Kekurangan Turap Penahan Tanah

Turap memiliki kekurangan dalam penggunaannya untuk menahan tanah. Kekurangan tersebut berdasarkan ketahanan turap dalam menahan tanah dalam jangka waktu yang lama, tingginya penahan tanah, dan beberapa hal lainnya. Berikut kekurangan turap sebagai penahan tanah.

1. Efektif Untuk Jangka Pendek

Turap tidak bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama. Konstruksi ini hanya digunakan untuk menahan tanah saat pengerjaan konstruksi bangunan seperti pembuatan pondasi, penggalian, dan lain sebagainya. Sehingga setelah semua pengerjaan konstruksi selesai, biasanya turap tidak lagi digunakan sebagai penahan tanah.

2. Menahan Tekanan Tanah Hanya Bagian Permukaan

Turap hanya difungsikan untuk konstruksi bangunan skala kecil. Sehingga penanaman turap hanya berada pada bagian permukaan tanah yang tidak terlalu dalam. Ketika dilakukan penggalian lebih dalam dari kedalaman turap, maka kemungkinan besar turap tidak mampu menahan rembesan air maupun tekanan tanah yang jauh lebih besar di kedalaman yang lebih jauh.

Demikian pembahasan artikel kelebihan dan kekurangan penggunaan turap. Dari sisi biaya dan skala konstruksi turap sangat efektif, namun dengan skala konstruksi lebih besar, dinding penahan tanah permanen akan jauh lebih efektif.

oleh ASIACONProdusen Conblock, U Ditch Precast, Cover U Ditch, Kanstin Jalan

source : #kelebihan turap #kekurangan turap

Bagaimana Kami Dapat Membantu Anda?

Informasi produk & cara pemesanan, hubungi kami via WhatsApp!

Let's Share This:
Posted in Ilmu Sipil, News and tagged , , , , , , .