kelebihan dan kekurangan mortar

Kelebihan Dan Kekurangan Mortar

Kelebihan Dan Kekurangan Mortar

Semen merupakan salah satu bahan konstruksi yang sangat penting dalam proses pembuatan sebuah bangunan.

Dalam prakteknya, ada proses yang harus dilakukan sebelum semen dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

Untuk mempermudah proses tersebut munculah teknologi bahan baru yang disebut sebagai semen instan atau mortar.

Mortar adalah campuran dari beberapa bahan yakni semen, pasir, zat aditif, filter dalam komposisi tertentu.

Penggunaan mortar saat ini cukup banyak dipilih mengantikan semen konvensional meskipun tetap ada kelebihan dan kekurangan mortar.

Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan mortar yang perlu diperhatikan dalam pertimbangannya untuk mengunakan bahan tersebut.

Kelebihan Mortar

Berkaitan dengan pembahasan kelebihan dan kekurangan mortar maka pada penjelasan awal ini akan diberikan ulasan mengenai apa saja yang menjadikan mortar lebih baik dibandingkan dengan semen kovensional.

Berikut beberapa kelebihan mortar dibandingkan semen konvensional tersebut :

  1. Mudah Dan Praktis Digunakan

    Sebagai bagian dari perkembangan teknologi, mortar atau semen instan tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan mortar yang harus dpertimbangkan.

    Salah satu kelebihan utama dari semen instan tersebut adalah kemudahan penggunaan dan lebih praktis karena tidak perlu menanmbahkan bahan lain cukup memberi air utuk mendapatkan konsistensi yang diinginkan.

  2. Menghemat Waktu Dan Biaya

    Harga semen konvensional memang lebih murah dibandingkan dengan harga semen instan atau mortar.

    Namun karena pemakaiannya yang lebih efisien dan mampu menghemat waktu maka semen mortar secara biaya keseluruhan jauh lebih hewan dibandingkan dengan semen konvensional.

    Pengguna semen intan tidak perlu repot menyiapkan bahan lain seperti pasir karena hanya membutuhkan air saja.

  3. Daya Rekat Lebih Baik

    Kelebihan lainnya yang dimiliki oleh semen instan atau mortar adalah kemampuan daya rekatnya yang lebih baik dibandingkan semen konvensional.

    Hal ini dikarenakan dalam komposisi bahan semen instan tersebut tentunya sudah diperhitungkan lebih matang terkait campuran yang tepat dibandingkan pengadukan semen konvensional yang lebih menekankan pada feeling serta pengalaman.

    Selain itu, kualitas dari bahan yang terdapat di dalam semen instan atau mortar tersebut tentu sudah terjamin.

  4. Mudah Disimpan

    Kelebihan lain yang juga dimiliki oleh mortar dibandingkan harus membuat adukan semen secara konvensional adalah gampang disimpan.

    Sama halnya dengan semen konvensional, mortar disimpan dalam sak sehingga dapat ditata dengan rapi dalam penyimpanannya dibanding harus menyimpan semen, pasir, dan bahan lain tersendiri.

Kekurangan Mortar

Selain nilai positif yang dijelaskan diatas, ada hal yang kurang dalam kaitannya dengan kelebihan dan kekurangan mortar yang perlu diperhatikan dalam pertimbangan pemakaiannya.

Berikut beberapa kekurangan yang dimiliki oleh semen instan tersebut :

  1. Harga Yang Lebih Mahal

    Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, semen instan terdiri dari komposisi campuran bahan lain dalam satu saknya sehingga nilai harganya tentu lebih mahal dibandingkan semen konvensional.

    Permasalahan harga ini yang menjadi pertimbangan beberapa orang untuk tidak menggunakan semen instan atau mortar.
  2. Distribusi Yang Terbatas

    Permasalahan lain yang menjadi salah satu kekurangan semen instan adalah distribusinya yang masih kurang merata karena belum banyak produsen bahan bangunan yang memproduksinya.

    Dengan distribusi yang terbatas tersebut menjadikan mortar tidak dapat dengan mudah ditemukan terutama di daerah daerah.
  3. Pengaturan Komposisi Tidak Dapat Di Modifikasi

    Kelemahan lain yang dimiliki oleh mortar sebagai semen instan adalah pengaturan komposisinya tidak dapat diubah karena memang sudah dipatok oleh produsen dan dimasukan dalam sak. Bebeapa tukang bangunan terkadang tidak menyukai hal tersebut.

Itulah beberapa penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan mortar yang perlu diperhatikan dengan baik oleh setiap orang yang ingin menggunakan semen dalam proses pembangunan.

Perlu ada pertimbangan berkaitan dengan kelebihan dan kekurangan mortar yang sudah dijelaskan diatas sebelum memutuskan menggunakannya.

Bagaimana Kami Dapat Membantu Anda ?

Untuk membuat janji presentasi atau informasi lebih lanjut, hubungi kami sekarang juga !

Bagaimana Kami Dapat Membantu Anda ?

Untuk membuat janji presentasi atau informasi lebih lanjut, hubungi kami sekarang juga !

source : motif pemasangan paving block, pola pemasangan paving block, motif paving warna, motif paving terbaru, motif paving block

Digiprove sealCopyright secured by Digiprove

Halaman Terkait :

Posted in Bahan Bangunan, News.