pondasi tiang pancang beton

3 Jenis Pondasi Tiang Pancang yang Populer di Indonesia

Jenis Pondasi Tiang Pancang – Apakah Anda pernah mendengar tentang istilah tiang pancang?. Pengertian tiang pancang atau pile adalah bagian yang berfungsi untuk menyalurkan beban dari atas ke bawah tanah hingga kedalaman tertentu. Orang-orang yang memiliki background konstruksi atau sipil tentu sudah memahami tentang apa saja fungsi dari tiang pancang.

Fungsi tiang pancang yang pertama adalah memadatkan tanah yang akan dijadikan pondasi. Meskipun tampak sederhana dan hanya mampu menjadi penopang saja, ternyata kehadiran tiang pancang ini mampu memadatkan tanah fondasi. Endapan tanah bisa saja lepas dan tidak beraturan ketika ada getaran yang terlalu kuat. Dengan adanya tiang pancang, endapan tanah tersebut tidak akan berpindah lokasi dan menjadi padat.

Menguatkan bangunan juga menjadi fungsi dari pondasi tiang pancang yang berikutnya. Ada banyak sekali faktor yang bisa merusak bangunan, mulai dari pelapukan tanah hingga jamur akibat lembab. Kalau Anda memilih tiang pancang yang benar, maka Anda bisa menyelamatkan bangunan tersebut. Tiang pancang bisa digunakan untuk ‘mengalihkan’ masalah tersebut sehingga tidak sampai mengganggu bangunan.

Setelah mengetahui fungsinya, tentu Anda harus tahu juga tentang jenis tiang pancang. Berdasarkan bahannya, ada 3 jenis pondasi tiang pancang. Berikut ini adalah penjelasannya:

1. Tiang Pancang Baja

Jenis Tiang pancang bajaJenis pondasi tiang pancang yang pertama adalah baja. Tiang pancang baja memiliki bentuk persegi panjang. Nama lain dari tiang pancang baja ini adalah steel pile. Meski baik untuk konstruksi, Anda perlu memastikan bahwa tidak akan terjadi korosi pada tiang pancang. Hal ini bisa Anda lakukan dengan melakukan perlindungan terhadap korosi.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan pengecatan pada tiang pancang. Dalam beberapa jenis konstruksi, tiang pancang baja bisa diisi dengan beton yang minimal K250.

pondasi tiang pancang betonJenis pondasi tiang pancang yang berikutnya adalah beton atau concrete pile. Tidak seperti tiang pancang baja yang umumnya berbentuk persegi panjang, tiang pancang ini memiliki berbagai macam bentuk mulai dari silinder hingga kotak. Ada beberapa jenis proses pembuatan tiang pancang beton, yakni precast pile dan cast in situ.

Yang dimaksud dengan precast pile adalah pembuatan tiang pancang yang tidak langsung di lokasi. Biasanya, tiang pancang mini pile ini dibuat di pabrik beton precast terlebih dahulu lalu dikirimkan menuju lokasi pemasangan. Sedangkan yang dimaksud dengan cast in situ adalah membuat cor di tiang pancang beton tepat di lokasi pemasangan.

Ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan bila memutuskan untuk menggunakan tiang pancang beton. Yang pertama adalah mudah untuk diawasi karena daya dukung bisa diperkirakan melalui rumus pasti. Jenis pondasi tiang pancang beton juga memungkinkan untuk daya dukung vertikal.

3. Tiang Pancang Kayu

jenis tiang pancang kayuJenis pondasi tiang pancang yang terakhir adalah dari kayu. Pernahkah Anda melihat rumah panggung yang ada di Kalimantan? Jika pernah, maka itu bisa menjadi contoh nyata pemasangan tiang pancang kayu. Jenis kayu yang digunakan untuk menjadi tiang pancang ini haruslah yang kuat dan tahan terhadap pelapukan tanah maupun air. Biasanya, tiang pancang kayu ini digunakan untuk fondasi yang diperkirakan akan berdiri lama.

Cek Disini: Harga Tiang Pancang Terbaru

3 jenis pondasi tiang pancang diatas tentunya bisa digunakan dalam berbagai macam konstruksi. Tetapi perlu diketahui bahwa masing-masing konstruksi memiliki kebutuhan yang berbeda dan akan lebih baik bila pemilihan tiang pancang disesuaikan dengan kebutuhan tersebut.

source : #jenis tiang pancang #pondasi tiang pancang #tiang pancang baja #tiang pancang kayu #tiang pancang beton #gambar pondasi tiang pancang

Bagaimana Kami Dapat Membantu Anda?

Informasi produk & cara pemesanan, hubungi kami via WhatsApp!

Posted in Beton Precast, News and tagged , , , , .