alat berat aspal

Alat Berat Aspal dan Fungsinya

Fungsi Alat Berat Aspal

Alat Berat Aspal. Pengaspalan jalan adalah proses menutupi permukaan tanah dengan aspal agar tanah tersebut tidak mudah rusak dan lebih siap untuk menjadi sarana lalu lintas berbagai jenis kendaraan. 

Jenis aspal yang seringkali digunakan dalam proyek jalan raya berskala ringan, sedang, hingga berat adalah aspal hotmix. Aspal beton atau lebih populer disebut aspal hotmix terbuat dari campuran agregat halus seperti abu batu, agregat kasar yaitu batu split, filler dan bahan pengikat lainnya. 

Beberapa jenis alat berat aspal dibutuhkan untuk membantu kelancaran dalam proses aplikasi aspal pada jalan yang dituju. Tanpa adanya bantuan alat berat aspal ini maka proyek pembangunan infrastruktur jalan akan sulit dilakukan.

Alat Berat untuk Pengaspalan Jalan dan Fungsinya

Berikut beberapa alat berat aspal yang memiliki peran vital disertai dengan penjelasan fungsinya:

1) Bulldozer

Alat berat aspal jenis bulldozer berfungsi sebagai alat berat awal untuk membersihkan lahan yang akan dilapisi aspal. Alat ini juga berfungsi untuk melakukan penghamparan urugan tanah.

2) Excavator

Alat berat aspal selanjutnya yaitu excavator yang umumnya berfungsi untuk penggalian. Jenis penggalian yang dimaksud adalah untuk pelebaran jalan yang ditujukan untuk pemasangan aspal hotmix. Excavator juga berfungsi untuk menggeruk saluran drainase di samping jalan.

3) Motor Grader

Motor grader adalah alat berat aspal yang berfungsi untuk membentuk lapisan pondasi pada tanah yang akan ditutup aspal hotmix. Selain untuk meratakan tanah, motor grader juga bisa difungsikan untuk pengupasan tanah.

4) Vibrator Roller

Alat berat aspal satu ini berfungsi untuk memadatkan dasar tanah yang akan ditutup oleh aspal hotmix. Disamping itu, alat ini juga bisa membantu memadatkan bahu jalanan.

5) Water Tanker

Alat berat aspal ini digunakan untuk menambahkan kadar air pada dasar tanah yang akan ditutup oleh aspal.

6) Asphalt Finisher

Alat berat yang paling sering terlihat disaat proyek pengerjaan jalan aspal berlangsung, yaitu asphalt finisher. Sesuai namanya, alat berat aspal ini berguna untuk menggelar campuran aspal pada permukaan tanah.

7) Tandem Roller

Alat berat aspal terakhir yang memegang peran penting untuk menyelesaikan proyek pengaspalan jalan. Alat ini memiliki roda berbentuk roller dan berfungsi untuk meratakan dan memadatkan hamparan aspal yang dituang oleh asphalt finisher.

Kelebihan dan Kekurangan Aspal Hotmix

A. Kelebihan Aspal Hotmix

Adapun beberapa kelebihan aspal jenis hotmix antara lain sebagai berikut:

  • Lebih efisien karena waktu pengerjaan terbilang cepat.
  • Setelah selesai penghamparan, jalan aspal hotmix siap dilalui kendaraan.
  • Lapisan aspal hotmix tahan terhadap air.
  • Fleksibel dan nyaman dilalui pengendara.
  • Biaya pemeliharaan jika aspal rusak relatif murah.
  • Proses pemeliharaan aspal yang mudah.
  • Memiliki stabilitas dan tegangan yang tinggi sehingga sangat baik dalam menahan beban kendaraan.

B. Kekurangan Aspal Hotmix

Terdapat beberapa kelemahan dari aspal hotmix yaitu:

1. Tidak terlalu tahan lama

Jalan aspal relatif kurang tahan lama dibandingkan dengan jalan beton. Memiliki ketahanan yang kurang terutama saat terjadi pergantian cuaca sehingga seringkali menyebabkan keretakan. Selain itu, jalan aspal hotmix kurang baik dilalui kendaraan dengan muatan berat.

2. Butuh banyak perawatan

Dikarenakan kurang tahan lama, makan jalan aspal harus sering dilakukan perawatan. Walaupun biaya perawatan terbilang murah dan jika terdapat kerusakan jalan, bagian jalan aspal tertentu saja yang diperbaiki sehingga tidak perlu keseluruhan.

3. Butuh saluran drainase

Jalan aspal tidak peka pada air, dengan demikian dibutuhkan saluran drainase dipinggir jalan agar tidak tercipta genangan air setelah hujan, terutama jika aspal tersebut sudah menunjukkan tanda keretakan atau bolong.

Demikian penjelasan seputar alat berat aspal beserta fungsinya. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan kita mengenai material perkerasan jalan.

Sedang Mencari Jasa Pengaspalan?

Asiacon telah berpengalaman mengerjakan pengaspalan jalan & hotmix, hubungi kami untuk informasi lebih lanjut!

source : #aspal #jalanaspal #aspalhotmix #alatberataspal #alatberat

Let's Share This:
Posted in Ilmu Sipil, News and tagged , , .