Pengertian paving block adalah

Definisi Paving Block atau Conblock

Paving block adalah salah satu bahan bangunan yang menjadi alternatif sebagai bahan penutup permukaan tanah. Berdasarkan jenis material pembentuknya, pengertian dari paving block adalah sebuah produk material bangunan yang terbuat dari campuran semen, abu batu, agregat halus, agregat kasar dan juga air dengan karakteristik yang hampir mendekati mortar. Mortar sendiri merupakan bahan yang dibuat dari campuran pasir dan agregat halus dengan bahan pengikat dan air yang saat di keadaan keras memiliki sifat seperti layaknya batuan.

Pengertian Umum Paving Block atau Conblock

Pada umumnya di dunia konstruksi, paving block adalah material yang sering juga disebut dengan concrete block atau bata beton.

Bentuk paving block adalah bervariasi dan umumnya bagus.

Ada yang berbentuk segi empat, segi lima, segi enam dan juga memiliki warna, corak, tekstur permukaan dan ukuran yang bervariasi.

Pemasangannya pun dapat dipadupadankan dari berbagai bentuk dan warna agar terlihat semakin menarik.

Jenis-jenis Paving Block Berdasarkan Proses Produksi

Berdasarkan cara pembuatannya, paving block dapat dibedakan menjadi 3 jenis yang berbeda, di antaranya :

  1. Paving block press manual – diproduksi manual dengan tangan dan termasuk jenis beton kelas D (K50-100).
  2. Paving block press mesin vibrasi – diproduksi dengan mesin press getar dan termasuk jenis beton C hingga B (K150-250).
  3. Paving block press mesin hidrolik – diproduksi dengan menggunakan mesin press hidrolik yang memiliki kuat tekan di atas 300 kg/cm2 dan dapat dikategorikan sebagai paving blok kelas B hingga A (Paving block K300 – K500).

Klasifikasi Pemakaian Paving Block Berdasarkan Ukuran Ketebalannya

Untuk paving block press yang menggunakan mesin hidrolik sendiri dapat dibedakan lagi menurut tingkat ketebalannya.

Pembagian paving block berdasarkan ketebalannya adalah :

  1. Paving block 6 cm – digunakan untuk lalu lintas ringan dan terbatas pada pejalan kaki.
  2. Paving block 8 cm – difungsikan untuk beban lalu lintas sedang dan terbatas pada jenis transportasi pick up, truck hingga bus.
  3. Paving block tebal 10 cm – biasa digunakan untuk beban lalu lintas berat, banyak digunakan untuk daerah industri dan pelabuhan karena banyaknya penggunaan crane atau alat berat lain.

Seperti yang banyak disebutkan sebelumnya, paving block adalah bahan bangunan yang memiliki fungsi utama sebagai bahan penutup tanah.

Paving block atau conblock dapat digunakan untuk sirkulasi di halaman, carport, pelataran tempat parkir umum hingga area sirkulasi pejalan kaki di trotoar atau fasilitas publik lainnya.

Dengan berbagai macam fungsi tersebut, tentu saja ada berbagai macam paving block dengan karakteristik, ukuran dan mutu beton yang berbeda penggunaannya, disesuaikan dengan fungsinya masing-masing.

Pengelompokan Paving Block Berdasarkan Mutu Standar SNI

Berdasarkan SNI 030691 1996 disebutkan beberapa pembagian mutu beton (paving block) berdasarkan kegunaannya.

Dari segi teknis dan sifat fisikanya, pembagian mutu tersebut antara lain adalah :

  1. Bata beton mutu A – memiliki tekan minimal 35 MPa dan rerata 40 MPa (setara dengan K430 hingga K490) dan penyerapan air maksimal 3%. Umumnya digunakan untuk jalan, perkerasan lahan terminal peti kemas di pelabuhan, kebutuhan non struktural dan struktural dengan beban yang berat lainnya.
  2. Bata beton mutu B – memiliki tekan minimal 20 MPa dan rerata 20 MPa (setara dengan K208 hingga K245) dan penyerapan air maksimal 6%.
  3. Bata beton mutu C – memiliki tekan minimal 12,5 MPa dan rerata 15 MPa (setara dengan K153 hingga K184) dan penyerapan air maksimal 8%. Paving jenis ini sering digunakan untuk perkerasan garasi rumah, sirkulasi pejalan kaki dan lahan parkir.
  4. Bata beton mutu D – memiliki tekan minimal 8,5 MPa dan rerata 10 MPa (setara dengan K104 hingga K122) dan penyerapan air maksimal 10%. Umumnya digunakan untuk perkerasan non struktural, seperti misalnya trotoar, perkerasan lingkungan dan taman, halaman rumah dan perkerasan lain dengan daya beban yang rendah.

Kelebihan Paving Block Dari Aspal Hotmix & Cor Beton

Banyak keunggulan paving block bila dibandingkan dengan penutup tanah lain seperti misalnya beton readymix maupun aspal.

Beberapa kelebihan paving block antara lain :

  • Dari segi penyerapan air, paving block adalah material yang memiliki daya serap lebih baik bila dibandingkan dengan aspal maupun ready mix. Sehingga baik untuk menjaga keseimbangan tanah dan penopang bangunan di sekitarnya.
  • Dengan penyerapan air yang bagus, maka ketersediaan air tanah yang digunakan untuk keperluan sehari-hari di lingkungan juga lebih banyak.
  • Berat paving block relatif lebih ringan.

Setelah kita menyimak ulasan diatas mengenai definisi paving block atau conblock, serta klasifikasi peruntukkan pemakaiannya, maka tidaklah aneh jika paving block saat ini menjadi favorit material alternatif pengganti aspal dan beton readymix.

Hal itu juga disebabkan paving block memiliki varian warna yang beraneka ragam sehingga kita dapat memaksimalkan dalam permainan motif pemasangan paving block tersebut. 

Demikianlah pembahasan kita seputar pengertian paving block atau conblock, semoga dapat menambah wawasan kita mengenai produk tersebut.

Jika Anda ingin mendapatkan hasil yang terbaik, maka kami menyarankan agar Anda juga mempelajari tahapan-tahapan pada pekerjaan pemasangan paving block.

Anda dapat mempelajari hal tersebut pada artikel kami yang lainnya yaitu : Cara Memasang Paving Block Yang Bagus.

Semoga pembahasan kita kali ini dapat bermanfaat untuk Anda.

by : ASIACONPabrik Paving Block, U Ditch, Buis beton, Pagar Panel Beton

Bagaimana Kami Dapat Membantu Anda ?

Untuk membuat janji presentasi atau informasi lebih lanjut, hubungi kami sekarang juga !

Bagaimana Kami Dapat Membantu Anda ?

Untuk membuat janji presentasi atau informasi lebih lanjut, hubungi kami sekarang juga !

source : pengertian paving block, paving block adalah, conblock adalah

Digiprove sealCopyright secured by Digiprove
Definisi Paving Block atau Conblock
5 (100%) 33 votes

Halaman Terkait :

Posted in News, Paving Block and tagged , , .