cut and fill adalah

Cut and Fill : Definisi, Tujuan dan Tahapan Perencanaan

Definisi Cut and Fill Adalah

Cut and fill adalah suatu proses pengerjaan tanah dimana sejumlah material tanah diambil dari suatu tempat kemudian diurug atau ditimbun di tempat lain.

Tujuan proses cut and fill adalah menjadikan permukaan tanah menjadi lebih rata sehingga memudahkan pekerjaan pembangunan yang akan dilakukan di tanah tersebut.

Perbedaan pekerjaan tanah biasa dengan cut and fill adalah proses gali dan urug pada cut and fill berada di lokasi yang sama yang menjadi target pengerjaan.

Hanya saja, sebelum masa pengerjaan harus dipelajari dan diperhitungkan dahulu mengenai kondisi tanah yang menjadi target. 

Agar jumlah tanah yang diambil dan dibuang dapat seminimum mungkin supaya biaya transportasi juga dapat ditekan.

Tujuan Cut and Fill

Secara umum, tujuan cut and fill adalah sebagai berikut :

  • Mencegah penurunan permukaan tanah.
  • Meratakan permukaan tanah.
  • Menyangga bebatuan di sekeliling agar tidak amblas.
  • Memberikan akses ke area lain.

Aplikasi Cut and Fill

  • Salah satu contoh aplikasi cut and fill adalah pada saat pembukaan lokasi baru. Sebelum melakukan kegiatan konstruksi bangunan pada lokasi baru umumnya akan dilakukan proses cut and fill, misalnya seperti pembangunan gedung baru, membuat pondasi, dan pekerjaan sipil lainnya.
  • Selain untuk pembangunan gedung, cut and fill juga biasa dilakukan sebelum melakukan pengerjaan jalan. Hal ini dilakukan apabila struktur tanah sebelumnya rusak atau tidak rata, sehingga perlu dilakukan pemerataan tanah. Misalnya, sebelum pemasangan paving block perlu dipastikan bahwa struktur tanah baik, apabila belum perlu dirapikan dengan proses cut and fill.
  • Cut and fill pada proses penambangan. Khusus untuk penambangan, bagian yang diambil adalah material alam yang berharga dan kemudian bekas galian akan diisi dengan tanah bebatuan atau lumpur untuk mencegah ambruknya dinding penggalian.

Perencanaan Proses Cut and Fill

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, cut and fill adalah suatu proses yang membutuhkan perencanaan yang matang dan berikut ini beberapa tahapan yang perlu dilakukan sebelum melakukan proses cut and fill.

  1. Peninjauan Lokasi Target
    Peninjauan lokasi bertujuan untuk mengetahui secara detail mengenai lokasi pengerjaan, seperti tempat, akses jalan, kondisi lingkungan, kondisi tanah, prasarana, dan informasi pendukung lainnya. Data-data tersebut akan menjadi pertimbangan dalam perencanaan pembangunan lahan atau design ground. Melalui perencanaan ini akan ditentukan anggaran yang akan dibutuhkan.
  2. Pengukuran Lahan
    Pengukuran lahan dapat dilakukan secara manual atau menggunakan alat seperti thedolite atau GPS. Tujuan pengukuran lahan pada perencanaan cut and fill adalah untuk mengetahui secara tepat kontur tanah dan batas lahan di lokasi target, sehingga dapat direncanakan bagaimana proses cut and fill pada lahan tersebut, penyediaan akses jalan, instalasi air, dan titik-titik yang akan dibangun.
  3. Pengolahan Data Survey dan Perencanaan Lahan
    Setelah mendapatkan data-data mengenai detail lokasi, langkah terakhir perencanaan cut and fill adalah mengolah data dan menyajikannya dalam bentuk visual. Hal ini dilakukan supaya proses perencanaan biaya dan perencanaan pembangunan dapat lebih mudah. Hasil dari perencanaan ini akan digunakan sebagai patokan atau dasar dari setiap pembangunan yang akan dilakukan.

Alat Cut and Fill

Biasanya proses cut and fill dilakukan menggunakan alat-alat berat seperti backhoe, front shovel, dan, clamshell.

Namun, apabila area tanah tidak terlalu luas, proses dapat dilakukan secara manual dengan tenaga manusia.

Sekian artikel mengenai cut and fill dan beberapa informasi terkait.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan pembaca.

Terima kasih.

Bagaimana Kami Dapat Membantu Anda ?

Untuk membuat janji presentasi atau informasi lebih lanjut, hubungi kami sekarang juga !

Bagaimana Kami Dapat Membantu Anda ?

Untuk membuat janji presentasi atau informasi lebih lanjut, hubungi kami sekarang juga !

source : cut and fill adalah, tahapan pekerjaan cut and fill, harga pekerjaan cut and fill, pengertian cut and fill, proses cut and fill

Digiprove sealCopyright secured by Digiprove
Cut and Fill : Definisi, Tujuan dan Tahapan Perencanaan
5 (100%) 17 votes

Halaman Terkait :

Posted in Bahan Bangunan, News and tagged , .