tetrapod adalah

Definisi Dan Fungsi Tetrapod Serta Cara Pembuatannya

Tetrapod Adalah

Ketika berkunjung di sebuah pelabuhan atau berjalan di pinggir pantai berombak anda biasanya akan menemukan struktur batu yang berjajar rapi sepanjang garis pantai.

Susunan batu tersebut mempunyai empat sisi dan terpasang tak beraturan di sepanjang pantai.

Struktur batu tersebut dinamakan tetrapod. Tetrapod adalah struktur Beton yang mempunyai empat sisi dengan bentuk setiap sisi seperti silinder.

Fungsi dari tetrapod adalah melindungi daratan agar terhindar dari erosi yang disebabkan gelombang laut.

Tetrapod biasanya disusun tak beraturan sepanjang garis pantai agar daratan memiliki perlindungan buatan dan daratan dibibir pantai tetap aman.

Berikut mari kita simak bersama definisi, fungsi dan cara pembuatan tetrapod yang sudah kami rangkumkan untuk anda

1. Definisi

Tetrapod adalah struktur beton cetak yang memiliki empat sisi berbentuk silinder. Setiap tetrapod biasanya memiliki kode atau nomor yang terpasang dibadan tetrapod.

Manfaat dari simbol atau penomoran tetrapod adalah mempermudah kontrol dan pengamatan terhadap perubahan posisi tetrapod, Akibat segala aktifitas yang berkaitan dengan fungsi tetrapod sebagai perlindungan pantai.

Kontrol terhadap perubahan posisi tetrapod ini dapat dilakukan secara pengamatan visual langsung maupun melalui citra satelit.

Tetrapod mudah kita jumpai pada kawasan pantai yang memiliki ombak tinggi dan berpotensi mengakibatkan erosi pada kawasan dataran di bibir pantai.

2. Sejarah Tetrapod

Perkembangan tetrapod dimulai pada tahun 1950 oleh Pierre Danel dan Paul Angles d’Auriac di laboratorium Dauphinios d’Hydraulique, Grenoble, Perancis.

Sejak saat itu penemuan tetrapod sudah dipatenkan sebagai salah satu konstrukis pemecah gelombang.

Penggunaan tetrapod pertama kali adalah pada pembangkit listrik tenaga panas di Casablanca, Maroko.

Kemampuannya yang berfungsi sebagai pelindung pantai cukup efektif hingga banyak negara yang menggunakan konstruksi tetrapod sebagai perlindungan pantai.

Jepang merupakan negara yang paling banyak menggunakan konstruksi tetrapod ini, kurang lebih 50 % pantai di jepang terlindungi oleh tetrapod.

Tetrapod juga menjadi inspirasi bagi penemuan konstruksi perlindungan pantai lain di berbagai negara.

3. Fungsi Tetrapod

Fungsi utama tetrapod adalah digunakan sebagai perlindungan garis pantai terhadap ombak pantai. Berikut fungsi tetrapod yang lainnya.

  • Tetrapod Pemecah Ombak

    Bagi kawasan pantai yang memiliki ombak tinggi, tetrapod berperan sebagai pemecah ombak agar gelombang air yang samapi bibir pantai tidak membahayakan dan merusak kawasan pantai.

  • Melindungi daratan dari abrasi

    Pantai merupakan kawasan yang mudah mengalami abrasi oleh air laut.

    Agar daratan tetap terjaga dari abrasi diperlukan perlindungan alami maupun buatan untuk mencegahnya.

    Terapod adalah perlindungan buatan yang bisa digunakan mencegah abrasi pada daratan sekitar pantai.

  • Perlindungan area laut

    Berbagai kebutuhan komersil yang ada di lingkungan pantai membutuhkan kondisi laut yang rendah gelombang untuk menunjang berbagai aktifitas pekerjaan.

    Seperti di area pelabuhan, untuk mempermudah kegiatan bongkar muat di pelabuhan tentu dibutuhkan kondisi pantai dengan gelombang yang rendah.

    Hal ini dapat dilakukan dengan memasang tetrapod pada perairan pantai yang membentuk perlindungan kawasan perairan pantai sehingga terhindar dari gelombang yang tinggi

  • Mencegah Pendangkalan

    Pada muara sungai yang tehubung langsung dengan laut mudah mengalami pendangkalan akibat gelombang laut yang meredam laju aliran sungai.

    Untuk mencegah hal ini tetrapod dapt digunakan sebagai perlindungan alur sungai yang menjorok ke laut, sehingga omabk yang datang bisa diredam dengan tetrapod dan aliran sungai dapat berjalan lancar.

4. Cara Pembuatan Tetrapod

Tetrapod adalah produk beton cor yang terdiri dari berbagai material seperti pasir, semen, air dan tambahan bahan kimia yang membuat sifat bahan tetrapod tahan sulfat sehingga lebih kuat digunakan pada lingkungan air laut.

Cara pembuatan tetrapod adalah menggunakan cetakan dari baja untuk membentuk tetrapod yang mempunyai empat sisi silinder.

Campuran material tersebut dimasukkan pada cetakan baja.

Agar kepadatan material tersebut baik dan solid, Proses pencetakan dilakukan pada alat vibrator yang berfungsi memadatkan campuran material di dalam cetakan.

Tetrapod adalah struktur perlindungan pantai yang banyak digunakan saat ini. Fungsi yang optimal dari tetrapod memberikan kelebihan dari penggunaannya.

Kemudahan perawatan dan kontrol dari tetrapod menjadi alasan mengapa konstruksi ini lebih banyak digunakan utnuk perlinduga pantai.

Bagaimana Kami Dapat Membantu Anda ?

Untuk membuat janji presentasi atau informasi lebih lanjut, hubungi kami sekarang juga !

Bagaimana Kami Dapat Membantu Anda ?

Untuk membuat janji presentasi atau informasi lebih lanjut, hubungi kami sekarang juga !

source : tetrapod adalah, cara pembuatan tetrapod, mutu tetrapod, fungsi tetrapod

Digiprove sealCopyright secured by Digiprove

Halaman Terkait :

Posted in Beton Prategang, News and tagged , .