cara pemasangan tetrapod

Cara Pemasangan Tetrapod Pemecah Gelombang (Breakwater)

Saat berjalan di sepanjang pinggiran pantai mudah menemukan susunan batu beton. Umumnya batu beton memiliki empat struktur, struktur tersebut dinamakan tetrapod pemecah gelombang atau breakwater. Cara pemasangan tetrapod memang sengaja secara tidak beraturan mengikuti panjang garis pantai. Tidak banyak orang yang mengetahui apa kegunaan dari batu-batu yang disusun tersebut. Berfungsi melindungi daratan sekitar pantai dari erosi.

Alasan Memilih Tetrapod Sebagai Media Pemecah Gelombang

Fungsi tetrapod umumnya di pilih dan digunakan untuk melindungi aktivitas pada sisi pantai yang memiliki potensi ombak besar. Pada saat di produksi terdapat nomor yang berfungsi untuk mencatat data penunjang kontrol kualitas rutin batu pemecah gelombang.

Cara pembuatan tetrapod breakwater tergolong simpel. Produsen akan menggunakan cetakan baja untuk menampung beton cor. Komposisinya terdiri dari semen, pasir, bahan kimia, dan air. Semuanya telah diuji ketahanan terhadap terpaan air laut. Proses penggerusan pun memakan waktu yang sangat lama.

Alasan dari pemilihan tetrapod precast sebagai pemecah gelombang pada lepas pantai yaitu sebagai berikut :

  • Proses kontroling tidaklah sulit, bisa dengan tinjuan langsung atau menggunakan satelit citra.
  • Dari segi pemasangan juga lebih praktis dan efisien, memerlukan tingkat perawatan yang minim.
  • Harga pun tergolong lebih murah dibanding membuat bangunan, serta jangka pemakaian cukup lama.
  • Tetrapod telah melewati serangkaian uji coba terpercaya.
Sebelum kita mengupas lebih lanjut mengenai metode cara pemasangan tetrapod atau breakwater, ada baiknya Anda membaca artikel mengenai definisi & fungsi tetrapod pada link dibawah ini..

Cara Pemasangan Tetrapod Pemecah Gelombang Pantai

Tetrapod precast merupakan lapisan terluar dari sebuah pondasi pemecah gelombang. Pembangunan breakwater memerlukan beberapa tahap penting yang perlu diperhatikan. Cara pemasangan tetrapod bergantung dari luas dan area bibir pantai yang akan diproteksi.

Oleh karena itu, dalam proses pemerataan area pemasangan harus benar-benar bersih. Biasanya akan dilakukan peledakan, agar lebih mudah mensterilkan lokasi. Nantinya tetrapod akan diangkut menggunakan teknik pengangkatan mobil crane dengan truk trailer.

Dalam menyusun tetrapod pada sebagai pengaman pantai sebenarnya tidaklah sulit. Kami akan coba jabarkan tahap demi tahap metode pelaksanaan pekerjaan bangunan pengaman pantai.

Berikut adalah cara pemasangan tertapod dengan penjelasan sederhana :

  1. Pada tahapan awal, bagian dasar breakwater harus dipasang matras geotextile, yang berfungsi menjadi landasan fondasi batu isi pemecah gelobang. Pemasangan breakwater diletakkan menghadap arah laut,
  2. Berikutnya sebelum tetrapod di letakkan maka harus meletakkan lapisan batu pengisi atau inticore yang menjadi pemberat matras geotextile. Pemasangan matras akan berlapis hingga ke pinggiran pantai.
  3. Tahap Ke Tiga, usai memasang inticore maka dilanjutkan meletakkan lapisan filter. Penempatan saringan geotextile di antara batu pengisi. Teknik ini berfungsi mencegah pasir keluar dari sela-sela batu. Meletakkan batu filter membutuhkan escavator, agar permukaan dapat merata.
  4. Tahap Ke Empat, barulah teknik pemasangan tetrapord dilakukan. Letak batu beton tetrapord memang berada di posisi teratas. Karena fungsinya adalah memecah gelombang. Sehingga harus di letakkan pada bagian paling luar.
cara pemasangan tetrapod
img source : twitter portcoast

Penentuan Lokasi Pembangunan Breakwater atau Pemecah Gelombang

Terdapat dua metode perlindungan terhadap gelombang pantai, yaitu perairan pelabuhan dan lepas pantai. Kondisi laut dan tinggi gelombangnya yang berbeda, sehingga cara menghindari terpaan gelombong pun sedikit tidak sama.

  1. Perlindungan Gelombang di Pelabuhan
    Sebelum proses pemasangan breakwater dikerjakan. Terlebih dahulu akan dilakukan peninjauan lokasi. Karena karakteristik dari gelombang perlu untuk diteliti. Seperti seberapa tinggi dan kencang terpaan gelombang. Serta banyaknya aktivitas di sekitar lokasi pelabuhan.
    Dengan demikian lebih mudah mengetahui bagaimana konsep kerja tetrapod perlindungan pantai di buat. Perencanaan umumnya lebih fokus terhadap perlindungan aktivitas kegiatan di pelabuhan dan bukan terhadap potensi erosi.
  2. Perlindungan Gelombang Lepas Pantai
    Secara garis besar konsep perencanaan tertapod keduanya adalah sama. Hanya saja fokus perlindungan pada lepas pantai, yaitu pencegahan terhadap dampak erosi. Sehingga tujuan utama dari cara pemasangan tetrapod, bagaimana gelombang terpecah di bibir pantai. Perhitungan akan di mulai dari jarak sejajar garis lepas pantai dengan letak breakwater nantinya. Idealnya air tidak akan lagi bisa mengangkat material di sekitar bibir pantai.

Kesimpulan : Cara pemasangan tetrapod harus dilaksanakan hingga tumpukan berlapis dan secara bertahap satu persatu. Hingga pada akhirnya penempatannya tersebut akan menutup semua permukaan pondasi batu breakwater. Menggunakan crane, satu persatu batu beton tetrapod akan di turunkan. Walau terlihat ditempatkan secara acak, tetapi tetap saja posisi sudah diperhitungkan agar stabil.

source : cara pemasangan tetrapod, metode pelaksanaan breakwater, metode pelaksanaan pekerjaan bangunan pengaman pantai

Bagaimana Kami Dapat Membantu Anda?

Informasi produk & cara pemesanan, hubungi kami via WhatsApp!

Posted in Beton Precast, News and tagged , , .