jual pagar panel beton murah

Cara Pemasangan Pagar Panel Beton Precast Dengan Cepat

Cara Pemasangan Pagar Panel Beton. – Penggunaan pagar sebagai batas kavling dari sebuah bangunan semakin meningkat. Hal tersebut dikarenakan tingkat keamanan yang kurang dan rawannya pencurian. Perubahan pola pikir pemilik rumah untuk membatasi halamannya meningkatkan permintaan pagar di pasar. Material pagar yang umum ditawarkan oleh para produsen dan kontraktor adalah pagar besi dan pagar kayu.

Saat ini telah beredar material baru, yakni pagar beton pracetak. Penggunaannya masih kurang diminati walaupun sebenarnya banyak kelebihan dari material ini. Cepat dan mudahnya proses pemasangan dibandingkan pagar beton cast in situ menjadi salah satu kelebihannya. Untuk dapat mengenal lebih dalam, berikut ini adalah penjelasan cara pemasangan pagar panel beton dengan cepat.

cara pemasangan pagar panel beton

Proses pemasangan pagar beton

​Pagar panel beton diproses secara pracetak di pabrik, jadi bahan material sudah berupa panel-panel pagar yang nantinya dipasang pada site. Produk pracetak yang dibutuhkan untuk pembuatan pagar beton adalah daun panel beton, tiang kolom beton, serta panel caping atau penutup (disesuaikan dengan desain). Untuk pembuatan pondasi dilakukan dengan metode pekerjaan cast in situ atau cetak di tempat.

Berikut ini adalah urutan metode pemasangan pagar panel beton :

1. Pengukuran titik tiang kolom

Langkah pertama dalam metode pemasangan pagar panel beton precast yaitu membuat bowplank untuk mengukur peletakan kolom. Jarak di sesuaikan dengan panjang panel yang diinginkan. Semisal, pagar yang digunakan ukuran 240 x 40 x 5 cm, untuk tinggi pagar 160 cm. Penggunaaan kolom yang diijinkan yaitu berukuran 225 x 18 x 19 cm. Maka perhitungan jarak antar tiang kolom adalah: 240 cm + (18/2) = 249 cm.

Jadi titik-titik kolom yang dibuat adalah per kelipatan 249 cm. Setiap panjang 249 cm sebaiknya diberikan tanda seperti pemasangan kayu patok (membuat bowplank).

2. Galian tiang kolom pagar beton

Setelah titik kolom ditemukan sesuai dengan keliling bangunan yang akan dibuat, maka pada titik tersebut dibuat galian dengan diameter sesuai yang dipersyaratkan pabrik. Secara struktural untuk pagar beton precast cukup menggunakan diameter 30 cm dengan kedalaman 50 cm. Galian dibuat di setiap titik kolom (bowplank) yang telah dibuat.

3. Pemasangan pondasi

Proses selanjutnya adalah membuat pondasi pada lubang pondasi dengan proses cast in situ. Pertama ditancapkan dulu logam pengaku dari bahan metal yang telah tergalvanis sebagai perkuatan. Peletakannya harus ditengah agar tepat tertancap pada lubang kolom panel precast. Agar peletakannya lurus sebaiknya menggunakan waterpass. Setelah logam lurus, maka adukan agregat dimasukkan sampai dengan ketinggian yang diinginkan. Pondasi ditunggu hingga mengeras.

upah pasang pagar panel beton

Proses pemasangan pondasi

4. Pemasangan tiang kolom beton

Panel yang terdistribusi di site diangkat baik secara manual ataupun menggunakan crane. Panel kolom diletakkan tepat pada tiang logam yang telah dibuat sebagai perkuatan kolom. Biasanya pada logam diberi penyiku agar kolom terletak tepat ditengah ketika dimasukkan. Perlakuan selanjutnya adalah pengisian agregat beton pada lubang kolom dan dilakukan setelah pemasangan panel.

5. Pemasangan daun panel beton

Pekerjaan selanjutnya adalah pemasangan panel pagar beton. Sama halnya dengan panel kolom, pemasangannya dapat dilakukan secara manual atau menggunakan crane. Panel diletakkan pada sisi dalam kolom yang berbentuk I. Untuk mempermudah pemasangan urutannya adalah kolom pada dua sisi kemudian panel ditengahnya. Hal ini untuk mempermudah selayaknya kita memasang lego.

6. Pemasangan caping (jika ada)

Kemudian dipasang penutup diatas kolom. Saat bagian tengah kolom diberi adukan agregat maka agregat diisi hingga melebihi kolom sebagai bantalan dan penyambung penutup dengan kolom. Fungsi caping ini juga dapat sebagai penyambung kolom dengan panel.

7. Grouting

Setelah seluruh bagian-bagian panel terpasang maka saatnya untuk melapisi bagian yang kurang sempurna (grouting). Proses ini di lakukan dengan menggunakan bahan campuran air, semen dan pasir ataupun abu batu.

8. Pelapisan

Setelah proses pelapisan untuk memperbaiki bagian-bagian yang kurang sempurna selesai dan semen telah kering. Proses selanjutnya adalah pengecatan panel sesuai dengan desain yang diinginkan. Biasanya jika ada desain-desain yang berwarna-warni dapat langsung dibuat secara pracetak. Proses terakhir adalah pelapisan agar pagar panel beton yang telah terpasang aman terhadap cuaca.

Tahapan diatas adalah cara pemasangan pagar panel beton dengan cepat, sehingga diperoleh pagar yang kuat dan tahan terhadap cuaca. Dan dari tahapan tersebut tergambar kemudahan dan cepatnya pemasangan pagar panel beton.

Proses pekerjaan pemasangan pagar panel beton sangatlah menyita waktu dan perhatian kita. Belum lagi jika kita harus memikirkan faktor-faktor yang berkaitan dengan minimalisasi biaya anggaran pekerjaan pemasangan pagar beton yang sangat memeras pikiran kita. Contohnya seperti, sulitnya mencari tenaga ahli dalam pemasangan pagar beton, berapa biaya upah pasang pagar panel beton hingga minimalisasi waste material dan biaya overhead.

Maka dari itu, perusahaan kami (ASIACON) memberikan layanan kepada Anda yaitu paket pemasangan pagar panel beton terpasang. Paket pekerjaan tersebut meliputi :

  1. Material pagar panel beton
  2. Biaya upah pasang pagar panel beton per meter terpasang

Dengan menggunakan jasa dan layanan kami tersebut Anda tidak perlu lagi memusingkan masalah-masalah seperti yang telah kami sebutkan diatas. Untuk melihat paket harga pagar panel beton terpasang dari ASIACON dapat Anda lihat pada halaman ini.

Dan untuk mengagendakan jadwal survei dan informasi tambahan lainnya dapat menghubungi kami pada :

PT. ASIACON CIPTA PRIMA

Jl. Sirojul Munir Kec. Jatiasih, Kota Bekasi – Indonesia. 17426.

Telp & Fax : 021-28672340

Email : info@asiacon.co.id

Digiprove sealCopyright secured by Digiprove
Cara Pemasangan Pagar Panel Beton Precast Dengan Cepat
4.8 (96.57%) 35 votes

Halaman Terkait :

Posted in News, Pagar Beton and tagged , , , .