cara mengatasi genteng bocor

Cara Mengatasi Genteng Bocor

Memang sungguh menyebalkan jika genteng rumah kita mengalami kebocoran. Oleh karena itu, kami akan mencoba mengupas tips dan trik bagaimana cara mengatasi genteng bocor di rumah Anda.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, genteng adalah salah satu bagian paling penting di dalam rumah.

Bila genteng sebuah rumah sampai bocor atau geser, maka air dan benda-benda asing lainnya akan dengan mudah masuk ke dalam rumah.

Saat genteng rumah Anda sedang bocor, maka Anda harus tahu terlebih dahulu alasan dibalik kebocoran ini. Tahu penyebab genteng bocor bisa memudahkan Anda untuk mengatasinya.

Misalnya, bila genteng bocor karena posisinya berantakan atau tidak pas, maka Anda hanya perlu menggeser dan meletakkan genteng di posisi yang benar.

Cara Mengatasi Genteng Bocor Pada Atap Rumah

Anda bisa mengatasi masalah genteng bocor dengan memanggil tukang bangunan professional untuk memperbaikinya.

Namun, jika Anda tidak ingin melakukannya, maka berikut ini adalah cara mengatasi genteng bocor yang bisa Anda terapkan di rumah:

1. Menambal genteng yang bocor

Cara mengatasi genteng bocor yang pertama adalah dengan menambal. Langkah ini perlu dilakukan bila ternyata genteng Anda bocor karena ada bagian yang retak. Anda bisa menambal genteng dengan bahan yang aquaproof. Namun, jenis genteng yang dapat ditambal dengan menggunakan aquaproof sebaiknya jenis genteng beton. Tetapi kalau posisi retak terlalu lebar atau panjang, maka Anda bisa memilih opsi lain yakni menggantinya dengan genteng yang baru.

2. Ganti genteng yang bocor dengan genteng baru

Di musim hujan, rawan sekali ada banyak kasus genteng bocor. Cara mengatasi genteng bocor yang berikutnya adalah mengganti genteng dengan yang baru. Tetapi, tidak mudah mencari pengganti genteng dengan ukuran yang sama persis, apalagi kalau genteng tersebut sudah lama tidak diganti. Untuk mengantisipasi hal ini, Anda bisa menggunakan alternatif bahan lain. Carilah bahan yang berbahan waterproof atau tahan air. Setelah itu, carilah serat kasa.

Anda perlu mengukur bidang genteng dan memotong serat kasa dengan ukuran yang sama. Setelah Anda melakukan step tersebut, langkah berikutnya adalah mengolesi serat kasa dengan larutan waterproof. Hal ini bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya genteng bocor. Tetapi perlu diingat bahwa ini hanyalah alternatif saja, sehingga Anda harus tetap mencari genteng baru untuk mengganti yang retak. Model genteng yang sebaiknya dilakukan pergantian apabila sudah rusak yaitu genteng metal.

cara mengatasi genteng bocor
img source= annieland.id

3. Renovasi konstruksi atap rumah

Kalau ternyata genteng Anda mudah sekali bocor dan tidak bisa dilakukan alternatif lain, maka Anda bisa melakukan penggantian konstruksi. Salah satu penyebab genteng mudah bocor adalah konstruksi atap yang tidak sesuai. Genteng yang menahan beban atap dengan terlalu berat bisa melengkung dan akhirnya patah atau retak.

Bila kasus ini terjadi pada Anda, maka Anda bisa memilih untuk mengganti konstruksi atap dengan baja ringan. Baja ringan memiliki bobot yang lebih minim dibandingkan dengan bahan lainnya, sehingga genteng tidak akan mudah bocor lagi.

4. Mengganti jenis genteng dengan genteng berbahan dasar lain

Ini adalah langkah terakhir dalam mengatasi genteng bocor. Perubahan iklim dan cuaca kadang membuat genteng tidak bisa bertahan. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya adalah mengganti jenis genteng.

Anda bisa memilih bahan genteng yang lebih waterproof untuk mengatasi hal ini. Tetapi Anda perlu tahu bahwa mengganti jenis genteng berarti melakukan pembongkaran besar-besaran, sehingga bila tidak terlalu perlu dan masih bisa menggunakan alternatif lainnya maka akan lebih baik. Untuk cara ini, Anda perlu memanggil seorang kontraktor professional.

Itu dia beberapa cara mengatasi genteng bocor di rumah. Beberapa cara tersebut mungkin bisa Anda lakukan sendiri, tetapi beberapa lainnya membutuhkan tenaga ahli professional untuk melakukannya.

Anda juga bisa melakukan beberapa hal preventif untuk mengatasi genteng bocor, misalnya dengan melakukan pengecekan genteng secara berkala dan melakukan maintanance agar kualitas genteng selalu dalam kondisi baik.

written by Pabrik Beton Precast ASIACON – Conblock, U ditch, Pagar panel beton, Box culvert, Buis beton

source : cara mengatasi genteng beton bocor, cara mengecek genteng bocor, cara menambal atap spandek bocor, cara mengatasi bocor pada sambungan atap

Bagaimana Kami Dapat Membantu Anda?

Informasi produk & cara pemesanan, hubungi kami via WhatsApp!

Posted in Ilmu Sipil, News and tagged , .