Cara membuat septic tank dengan buis beton

Cara Membuat Septic Tank Dengan Buis Beton

Pada artikel kali ini kami akan mengupas mengenai tips dan trik tentang cara membuat septic tank dengan buis beton atau gorong-gorong.

Buis beton adalah salah satu jenis beton pracetak yang berbentuk tabung, dimana penggunaannya sering diterapkan pada konstruksi saluran pengairan.

Selain itu, ternyata buis beton juga merupakan material yang tepat digunakan untuk membuat septic tank.

Septic tank pada dasarnya adalah penampungan kotoran dan sumur resapan untuk menampung dan menghancurkan kotoran yang berasal dari toilet atau kloset rumah.

Hal ini karena pada pembuatan septic tank akan diberi sekat bata dan diatur keluar masuknya udara sehingga muncul bakteri yang dapat menghancurkan kotoran.

Setelah itu, kotoran yang telah dihancurkan pun dapat meresap ke dalam tanah tanpa perlu dilakukan penyedotan toilet.

Dengan begitu, lingkungan rumah pun tidak akan terganggu dengan bau kotoran atau pencemaran limbah dari kotoran itu.

Cara Membuat Septic Tank Dengan Buis Beton

Dengan adanya ulasan diatas, tentu kita semakin menyadari pentingnya membuat septic tank sebagai saluran pembuangan kotoran dari rumah atau lingkungan sekitar.

Buis beton sendiri merupakan material yang tepat digunakan dalam membuat septic tank, karena sifatnya yang kedap air sehingga kotoran tidak akan mencemari tanah sekitar.

Inilah langkah-langkah yang perlu dilakukan dalam cara membuat septic tank dengan buis beton :

1. Perencanaan Dan Persiapan Pembuatan Septic Tank

Cara membuat septic tank dengan buis beton yang pertama adalah proses perencanaan dan persiapan, mulai dari rencana lokasi, pengukuran, hingga peralatan yang dibutuhkan.

Sebaiknya septic tank berlokasi dekat rumah supaya saluran pembuangan tidak begitu panjang dan jauh dari toilet.

Sedangkan untuk ukuran septic tank, Anda dapat menyesuaikan dengan berapa banyak orang yang tinggal di rumah tersebut.

Setelah itu, siapkan bahan material yang akan digunakan dalam membuat septic tank yaitu buis beton, tutup buis beton, pipa paralon, batu bata, dan alat lainnya untuk menggali tanah.

Pada tutorial cara membuat septic tank kali ini, ukuran buis beton untuk septic tank yang akan digunakan berjumlah delapan buah dengan diameter 80 x 100 cm.

Namun dalam penerapannya di rumah, Anda dapat menyesuaikannya dengan ketersediaan lahan dan area yang akan digunakan.

2. Penggalian Area Sumur Septic Tank

Begitu perencanaan dan persiapan sudah beres, proses selanjutnya dalam cara membuat septic tank dengan buis beton adalah penggalian area.

Anda perlu menggali dua buah lubang area yang disesuaikan dengan ukuran buis beton, dimana salah satu lubangnya akan berfungsi sebagai lubang resapan kotoran.

Jangan lupa juga untuk memberi jarak antar lubang masing-masing 50 centimeter.

3. Pemasangan Buis Beton Dan Paralon Pada Septic Tank

Setelah lubang digali dan siap digunakan, langkah selanjutnya dalam cara membuat septic tank dengan buis beton adalah pemasangan buis beton dan paralon.

Pertama masukkan buis beton pada masing-masing lubang, dengan jumlah empat buah buis beton pada tiap lubang.

Kalau sudah terpasang semua buis beton pada kedua lubang, berikan sekat pada masing-masing buis beton menggunakan batu bata.

Selanjutnya adalah membuat saluran yang akan mengalirkan kotoran dari toilet yang berada didalam rumah menggunakan paralon.

Sebaiknya Anda memilih paralon yang berukuran besar untuk menghindari terjadinya penyumbatan kotoran saat dialirkan menuju septic tank.

Supaya terlihat lebih rapi, Anda dapat menutup pipa tersebut dengan urugan tanah yang bisa dibongkar jika terjadi masalah di kemudian hari.

4. Uji Coba Dan Finishing

cara membuat sumur resapanBegitu proses pemasangan buis beton dan paralon selesai, kita perlu melakukan uji coba apakah septic tank dan saluran pembuangan yang dibuat dapat berfungsi dengan normal.

Hal ini juga menjadi proses yang penting dalam cara membuat septic tank dengan buis beton, dengan tujuan menghindari terjadinya kesalahan yang akan menjadi masalah nanti.

Jika sudah dapat berfungsi dengan lancar, Anda dapat membuat pipa udara pada salah satu lubang yang berperan sebagai resapan kotoran.

Hal ini untuk menghindari terjadinya ledakan pada saluran pembuangan dan septic tank dari zat kimia yang dihasilkan dari kotoran.

Setelah itu, kedua lubang septic tank dapat ditutup menggunakan tutup buis beton sebagai finishing dari tutorial cara membuat septic tank dengan buis beton ini.

Itulah langkah-langkah yang dapat diterapkan dalam cara membuat septic tank dengan buis beton di rumah atau lingkungan kita.

Dengan adanya tutorial ini, diharapkan Anda dapat membuat sendiri saluran pembuangan dan septic tank agar kotoran tidak mencemari lingkungan sekitar.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda !

Bagaimana Kami Dapat Membantu Anda ?

Untuk membuat janji presentasi atau informasi lebih lanjut, hubungi kami sekarang juga !

Bagaimana Kami Dapat Membantu Anda ?

Untuk membuat janji presentasi atau informasi lebih lanjut, hubungi kami sekarang juga !

source : ukuran buis beton untuk septic tank, gorong-gorong septic tank, membuat septic tank dengan buis beton, harga buis beton untuk septic tank

Digiprove sealCopyright secured by Digiprove
Cara Membuat Septic Tank Dengan Buis Beton
5 (100%) 22 votes

Halaman Terkait :

Posted in Buis Beton, News and tagged .