Cara membuat kolam lele dari gorong-gorong

Cara Membuat Kolam Lele Dari Buis Beton

Mungkin selama ini kita mengenal buis beton sebagai material konstruksi yang berbentuk silinder atau tabung dan biasa digunakan dalam pembangunan saluran air. Namun ternyata bukan saja sebagai material konstruksi, buis beton atau gorong-gorong juga dapat dimanfaatkan untuk kolam lele. Penggunaan buis beton sebagai kolam lele pun terbukti efektif karena sudah dapat panen dalam kurun waktu dua hingga tiga bulan.

Manfaat Membuat Kolam Lele Dari Buis Beton / Gorong-Gorong

Memang jika dibandingkan dengan kolam tanah atau penggunaan terpal, kolam lele buis beton membutuhkan dana yang lebih besar.

Tetapi hal itu sebanding juga dengan hasilnya yang berkualitas karena lebih higienis, awet, serta mudah dikelola.

Selain itu, kolam lele bis beton juga dapat dibuat pada area yang tidak begitu luas, seperti di sekitar rumah sendiri.

Untuk lebih jelasnya lagi, pada pembahasan kali ini kita akan mengulas bagaimana cara membuat kolam lele dari buis beton.

Tahapan Dalam Cara Membuat Kolam Lele Dari Buis Beton

Secara garis besar, cara membuat kolam lele dari buis beton terbagi ke dalam lima tahap yang perlu diikuti dengan konsisten.

Berikut adalah tahapan dalam proses cara membuat kolam lele dari buis beton yang baik dan benar:

1. Persiapan Membuat Kolam Lele Dari Gorong-Gorong (Buis Beton)

Hal pertama yang perlu dilakukan dalam cara membuat kolam lele dari gorong-gorong / buis beton tentunya adalah persiapan, mulai dari area hingga peralatan yang dibutuhkan.

Sebagai permulaan kita dapat membuat kolam lele di area yang tidak begitu luas dan buis beton yang tidak begitu besar, dengan ukuran diameter sekitar 60 cm dan tinggi sekitar 80 cm.

Namun usahakan area tersebut terhindar dari sinar matahari dan air hujan langsung, yang dapat kita beri atap plastik UV diatasnya.

Siapkan juga paralon untuk keluar masuk air kolam agar mudah diganti dan dibersihkan saat pengembangbiakan ikan lele nantinya.

Untuk membuat saluran air ini, kita juga perlu menyiapkan bahan seperti pahatan untuk melubangi buis beton dan semen untuk merapikannya lagi.

2. Pembuatan Kolam Lele

Cara membuat kolam lele dari buis beton yang selanjutnya adalah pembuatan dan penempatan kolam itu sendiri pada area yang telah disiapkan.

Karena buis beton merupakan jenis beton pracetak yang siap dipakai, kita dapat menempatkannya pada area yang diinginkan.

Jangan lupa untuk membuat saluran air dengan menggunakan paralon pada sisi kolam lalu rapikan menggunakan semen.

Biarkan kolam tersebut mengering dan gunakan daun pepaya agar bau semen yang mengganggu dapat hilang.

3. Pengisian Air Kolam Lele

Begitu kolam lele sudah siap digunakan, tahapan selanjutnya adalah pengisian air kolam agar dapat menghasilkan kualitas yang baik.

Pertama kita harus mengisi kolam dengan ketinggian sekitar 70 cm untuk kemudian disterilkan menggunakan kaporit.

Proses sterilisasi dan persiapan sebelum bibit lele dimasukkan juga dapat ditambahkan dengan memberikan garam, kapur dolomite, tebu tetes, dan probiotik secara berturut-turut.

4. Penebaran Bibit Lele Pada Kolam Bis Beton

cara membuat kolam lele dari buis beton

Bibit Benih Ikan Lele Pada Kolam Buis Beton

Setelah air kolam terisi, bibit lele unggul yang telah dipilih sebelumnya dapat dimasukkan ke dalam kolam sedikit demi sedikit.

Proses penebaran bibit lele ini sebaiknya dilakukan saat matahari tidak begitu terik, sekitar pagi atau sore hari.

Kita juga perlu menyesuaikan jumlah air dalam kolam, dimana ketinggian air disesuaikan dengan ukuran bibit lele yang dimasukkan.

Air kolam pun dapat ditambah sedikit demi sedikit saat bibit mulai membesar, sekitar 10 cm air pada setiap pertambahan 2 cm bibit lele.

5. Perawatan Benih Ikan Lele Pada Kolam Buis Beton

Hal yang tak kalah pentingnya dalam budidaya lele dengan gorong-gorong buis beton adalah proses perawatan yang harus dilakukan dengan konsisten.

Berikan pakan pada bibit lele minimal 2 kali sehari dengan jadwal yang teratur, misalnya setiap pukul 7 pagi dan 7 malam.

Jangan lupa juga untuk mengganti air kolam begitu sudah berwarna kecoklatan dan mengeluarkan bau yang tidak enak agar lele tetap berada dalam kondisi sehat.

Itulah beberapa langkah yang perlu dilakukan dalam cara membuat kolam lele dari buis beton dengan mudah.

Ikan lele sudah siap untuk dipanen biasanya saat ikan mencapai 8 hingga 9 ekor per-kilogram, atau idealnya sekitar 3 sampai 4 bulan.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda !

Bagaimana Kami Dapat Membantu Anda ?

Untuk membuat janji presentasi atau informasi lebih lanjut, hubungi kami sekarang juga !

Bagaimana Kami Dapat Membantu Anda ?

Untuk membuat janji presentasi atau informasi lebih lanjut, hubungi kami sekarang juga !

source : cara membuat kolam lele dari gorong-gorong, cara membuat kolam lele dari bis beton, budidaya lele dalam gorong-gorong, cara ternak lele dengan buis beton

Digiprove sealCopyright secured by Digiprove
Cara Membuat Kolam Lele Dari Buis Beton
4.8 (96.22%) 37 votes

Halaman Terkait :

Posted in Buis Beton, News and tagged , , , .