beton cepat kering

Cara Agar Cor Beton Cepat Kering

Cor Beton

Dalam membangun dan merenovasi sebuah bangunan tentu ada beberapa teknik ilmu sipil yang pastinya akan diterapkan yang salah satunya adalah pengecoran beton.

Mengecor merupakan proses pembuatan beton sebagai teknik bangunan, seringkali membutuhkan waktu cukup lama sebelum mendapatkan hasil yang diharapkan.

Diantara beberapa proses pengecoran beton tersebut, pengeringan bahan campuran cor yang terdiri dari pasir, semen, batu, dan air merupakan tahapan yang membutuhkan waktu cukup lama.

Untuk mendapati beton cepat kering dan tetap memiliki kekuatan yang baik maka ada beberapa langkah yang dapat dilakukan, Berikut beberapa cara agar cor cepat kering dan tetap menghasilkan beton berkualitas dalam penjelasan di bawah ini.

1. Perhatikan Cara Adukan Beton

Hal pertama yang dapat dilakukan untuk menjadikan beton cepat kering adalah dengan memperhatikan cara adukan dari proses pembuatan beton atau disebut dengan mixing.

Pengontrolan pengadukan beton lebih mudah dilakukan dengan mesin pengaduk dibandingkan secara manual sehingga jika memang ingin kondisi beton cepat kering maka usahakan menggunakan mesin pengaduk dibandingkan secara manual.

Dalam pengadukan dengan mesin perhatikan tahapannya mulai dari pengisian air, kemudian konsentrat, dan penambahan air lagi secara perlahan hingga konsistensi beton sesuai.

Pengadukan menggunakan mesin pengaduk ini sebaiknya tidak lebih dari 3 menit.

2. Lakukan pembuatan beton saat cuaca memang mendukung

Saat membuat beton, salah satu faktor yang dapat menjadikan beton sulit atau lama untuk kering adalah karena kondisi cuaca yang tidak mendukung.

Untuk itu, agar beton cepat kering maka lakukan pembetonan pada saat cuaca memang mendukung atau dalam kata lain jangan membuat beton ketika musim hujan.

Meskipun beton tetap dapat kering namun pastinya prosesnya akan lebih lama ketika membuat beton dimusim hajan dibandingkan saat musim kemarau.

3. Gunakan Bahan Pengeras Beton

Cara agar cor cepat kering lainnya adalah dengan menambahkan bahan tambahan tertentu ke dalam adonan cor yang salah satunya adalah bahan pengeras beton.

Bahan bahan tambahan yang biasanya digunakan untuk membantu mempercepat proses pergeringan beton diantaranya seperti :

  • Calbond, merupakan jenis bahan perekat beton yang berbahan dasar plastic.

    Calbon menjadi bahan tambahan yang paling sering digunakan karena dapat membantu memperbaiki beton yang rusak dalam proses konstruksi.

    Calbond dapat menyatukan beton lama dengan beton baru dan membantu mempercepat pengeringannya.
  • Calflash, bahan tambahan yang biasanya digunakan untuk konstruksi beton bawah air seperti bendungan, pondasi untuk mesin, tiang jembatan, dan lain sebagainya.

    Calflash dapat membantu menambal lubang bocoran yang ada pada beton dan kerjanya cukup efektif membantu menjadikan beton cepat kering.

  • Bestmittel, merupakan bahan kimia yang digunakan untuk mengeraskan beton dan membantu mempercepat pengeringannya sehingga beton cepat kering.

    Bestmittel banyak digunakan dalam pembangunan konstruksi konstruksi besar karena memang sudah sesuai dengan standar bahan tambahan dalam konsentrat.

    Beton yang cepat kering karena adanya penambahan bestmitetel disebabakan karena adanya mekanisme pengurangan jumlah air sekaligus serta mempecepat pengikatan beton.

Itulah beberapa penjelasan mengenai cara agar cor cepat kering yang dapat dijadikan pengetahuan saat akan melakukan pengecoran.

Dalam penjelasan diatas, proses untuk dapat menjadikan beton cepat kering memang lebih banyak menggunakan bahan tambahan pengeras beton sehingga perlu ada pertimbangan biaya yang akan muncul dengan adanya penambahan bahan bahan tersebut.

Penggunaan bahan tambahan yang disebutkan diatas memang lebih banyak digunakan untuk konstruksi penting dan besar dibandingkan konstruksi rumah.

Bagaimana Kami Dapat Membantu Anda ?

Untuk membuat janji presentasi atau informasi lebih lanjut, hubungi kami sekarang juga !

Bagaimana Kami Dapat Membantu Anda ?

Untuk membuat janji presentasi atau informasi lebih lanjut, hubungi kami sekarang juga !

source : motif pemasangan paving block, pola pemasangan paving block, motif paving warna, motif paving terbaru, motif paving block

Digiprove sealCopyright secured by Digiprove

Halaman Terkait :

Posted in Beton Prategang, News and tagged , , .