kelebihan dan kekurangan tiang pancang beton

Kelebihan Dan Kekurangan Tiang Pancang Beton

Kelebihan Dan Kekurangan Tiang Pancang Beton

Sebagai orang awam anda tentu belum mengerti banyak tentang konstruksi bangunan, terutama produk tiang pancang beton. Hal ini membuat anda bingung dan ragu ketika akan menggunakan produk tiang pancang beton.

Mengetahui kelebihan dan kekurangan tiang pancang beton menjadi hal mutlak yang harus didapatkan agar mempunyai dasar dan pertimbangan yang matang ketika akan menggunakan produk tiang pancang beton. Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan tiang pancang beton anda dapat melakukan perhitungan yang baik untuk konstruksi bangunan yang anda bangun. Dan juga pengaruhnya kedepan untuk usia bangunan anda bisa bertahan seberapa lama.

Anda tak perlu khawatir, karena kami sudah merangkum berbagai kelebihan dan kekurangan tiang pancang beton dibawah ini yang siap menjadi referensi anda terkait kelebihan dan kekurangan tiang pancang beton.

1. Kualitas Tiang Pancang Beton

Kelebihan dan kekurangan tiang pancang beton yang pertama adalah dari sisi kualitasnya. Menggunakan tiang pancang beton memberikan kualitas lebih jika dibandingkan menggunakan tiang pancang konvensional. Bahan material produk beton pracetak lebih kokoh dan berkualitas jika dibandingkan tiang pancang konvensional.

Anda mungkin sering melihat ketika menggunakan tiang pancang konvensional hasil dari pengecoran kadang masih beronggga dan tidak terisi sempurna, ini tentu mempengaruhi kualitas tiang pancang itu sendiri. Kualitas tiang pancang beton sudah memiliki mutu tersendiri dan sudah melalui proses uji material sehingga tak perlu diragukan lagi kualitasnya.

2. Kemudahan Mobilitas

Dari segi mobilitas tiang pancang beton memiliki kelebihan dalam efektivitasnya. Dibandingkan menggunakan tiang pancang konvensional yang harus melakukan banyak mobilitas untuk mengangkut berbagai material tiang pancang konvensional.

Namun perlu diperhatikan, penggunaan tiang pancang beton untuk area yang sulit dijangkau alat pengangkut tiang pancang beton juga menjadi sebuah permasalahan besar. Apalagi jika tiang pancang yang digunakan memiliki ukuran yang cukup besar, anda harus memikirkan kembali bagaimana cara memudahkan mobilitas tiang pancang beton untuk akses transportasi truck crane yang terbatas.

3. Kemudahan Pemasangan

Kelebihan dan kekurangan tiang pancang beton dari pemasangan di lapangan cukup banyak.

Kelebihan menggunakan tiang pancang beton dari sisi pemasangan antara lain tidak membutuhkan banyak galian yang besar. Kita tak perlu melakukan pembuatan bekisting ditempat dan yang pasti pemasangannya sangat mudah dilakukan.

Walaupun tiang pancang beton memiliki banyak kelebihan dalam segi pemasangan. Perlu diperhatikan juga bahwa untuk pemasangan tiang pancang beton akan menimbulkan getaran yang cukup besar apalagi jika ukuran tiang pancang yang dipasang cukup besar.

Apalagi jika pemasangan tiang pancang beton tersebut berdekatan dengan bangunan lain tentu akan menimbulkan ketidaknyamanan penghuni bangunan tersebut.

4. Perawatan

Kelebihan dari sisi perawatan tiang pancang beton juga tak jauh berbeda daripada tiang pancang konvensional.

Tiang pancang umumnya minim akan perawatan setelah dipasang, mengingat tiang pancang mempunyai fungsi paten sehingga memiliki kekuatan yang cukup baik.

5. Keawetan dan Daya Tahan

Kelebihan dan kekurangan tiang pancang yang terakhir dari sisi keawetan dan daya tahan juga mempunyai perbedaan yang cukup signifikan. Tiang pancang beton memiliki keawetan dan daya tahan yang lebih lama daripada tiang pancang konvensional.

Selain material dan mutunya yang baik, campuran bahan kimia membuat sifat tiang pancang beton lebih tahan terhadap berbagai kondisi lingkungan baik di darat maupun perairan.

Namun apabila struktur tulangan besi yang ada didalam tiang pancang maupun beton mengalami kerusakan parah maka otomatis anda harus mengganti dengan tiang pancang beton baru.

Kelebihan dan kekurangan tiang pancang beton dari berbagai sisi bisa jadi pertimbangan anda ketika akan menggunakan tiang pancang beton untuk konstruksi yang akan anda bangun.

Anda bisa mengestimasi penggunaan tiang pancang beton apakah efektif untuk konstruksi yang anda bangun atau tidak.

source : kelebihan dan kekuarangan tiang pancang beton, kelebihan tiang pancang beton, tiang pancang

Bagaimana Kami Dapat Membantu Anda?

Informasi produk & cara pemesanan, hubungi kami via WhatsApp!

Let's Share This:
Posted in Beton Precast and tagged .