beton instan

Pengertian dan Manfaat Beton Instan

Apa Itu Beton Instan?

Beton instan adalah semen siap pakai yang terbuat dari beberapa campuran bahan berkualitas seperti semen, pasir silika, agregat, dan aditif lalu dicampur dengan air. Semua komposisi yang tercampur kemudian diolah dengan pengadukan yang konsisten agar tercapai kekentalan serta kualitas yang diinginkan.

Beton instan adalah semen yang juga memiliki sebutan lain yaitu beton ready mix. jenis beton berkualitas ini perlu dilakukan pengecoran dalam batching plant dengan teknologi tinggi dan pengawasan yang ketat.

Campuran beton instan yang sudah diperhitungkan dengan tepat kemudian diolah, dikeringkan, lalu dikemas dalam karung berukuran 40 kg. Untuk penggunaannya dalam konstruksi bangunan, hanya tinggal ditambahkan air dan sesuaikan tekstur kekentalan dengan kebutuhan jenis bangunan.

Beton instan memiliki berbagai jenis yang disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan, berikut jenisnya:

Jenis-jenis Beton Instan

1. B0

Jenis pertama beton instan adalah B0 yaitu beton siap pakai yang biasanya diperuntukkan pada lantai kerja (lean concrete)

2. K 225 – K 550

Jenis beton instan ini yakni untuk pembangunan balok atau kolom, juga dapat digunakan untuk pembangunan struktur gedung berdinding beton.

3. K175

Jenis ini biasanya digunakan dalam proses pengecoran non struktur seperti sloof, yaitu struktur bangunan yang berada diatas fondasi suatu bangunan.

4. Beton Instan Khusus

Beton instan adalah jenis semen siap pakai yang bisa dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan pengguna. Biasanya dari segi kekentalan beton itu sendiri yang dimodifikasi karena akan diperuntukkan pada jenis bangunan apa yang nantinya akan dibangun.

Menggunakan beton instan adalah pilihan yang tepat dalam proses pembangunan. Disamping kualitas dan kekuatannya yang sudah tidak diragukan lagi, berikut beberapa keunggulan lainya jika menggunakan beton instan.

Manfaat Dan Keuntungan Menggunakan Beton Instan

  • Lebih praktis dan menghemat waktu pengerjaan bangunan karena semen siap pakai ini tinggal dicampurkan air saja kemudian diaduk hingga mencapai kekentalan yang diinginkan.
  • Mutu sudah pasti lebih terjamin karena terbuat dari campuran material yang berkualitas tinggi sehingga menghasilkan beton yang kuat serta tahan lama.
  • Pengolahan serta campuran bahan dari beton instan adalah yang terbaik dibandingan semen biasa sehingga tidak menimbulkan banyak debu atau kotoran. Beton instan ini juga diakui lebih ramah lingkungan bahkan tempat pengecoran di batching plant juga diakui dapat mengurangi polusi.
  • Beton instan dapat di custom sesusai spesifikasi yang diinginkan pihak pemesan. Dengan demikian, beton instan dapat memudahkan kebutuhan jenis bangunan.
  • Beton instan memiliki daya tahan yang baik terhadap air dan arus listrik.
  • Dari segi harga, beton instan mampu bersaing dipasaran karena lebih ekonomis dan mudah ditemukan di toko bahan bangunan.
  • Keunggulan lain menggunakan beton instan adalah lebih fleksibel karena dapat dipasang pada area yang sulit terjangkau dan juga cocok untuk bahan penebalan balok serta kolom.

Cara Penggunaan Beton Instan

Untuk menggunakan beton instan dalam proses pembangunan dibutuhkan beberapa persiapan antara lain sebagai berikut:

  • Siapkan air untuk dicampurkan pada beton instan. Pastikan menggunakan air bersih agar kualitas beton instan yang tercampur air tetap terjaga.
  • Aduk campuran beton instan dan air. Disarankan menggunakan mesin pengaduk atau mixer beton agar campuran dan proses pengadukan lebih merata.
  • Bersihkan area yang akan dilakukan pemasangan dengan beton instan. Pastikan area tersebut bersih dari debu, minyak atau partikel lainnya karena kotoran tersebut akan menghambat proses pemasangan beton.
  • Pemasangan dengan beton instan siap dilakukan.

source : #beton instan #drymix

Bagaimana Kami Dapat Membantu Anda?

Informasi produk & cara pemesanan, hubungi kami via WhatsApp!

Posted in Bahan Bangunan and tagged , .