fungsi dan pengertian besi wiremesh adalah

Pengertian, Fungsi dan Jenis-jenis Besi Wiremesh

Apa Yang Dimaksud Dengan Wiremesh?

Wiremesh adalah serangkaian besi yang terlihat seperti lembaran kawat yang saling berpotongan satu sama lain. Dengan bentuknya yang unik, wiremesh adalah bahan bangunan yang populer disebut sebagai anyaman besi. Ini dikarenakan bentuk anyamannya seperti pola jajaran genjang ataupun kotak-kotak dan tersambung dengan pengelasan agar terikat dengan sempurna.

Kegunaan dan Fungsi Wiremesh Adalah

Wiremesh adalah bahan bangunan yang sangat berguna dalam dunia konstruksi, fungsinya pun terbilang banyak. Dibawah ini akan dijelaskan beberapa manfaat dan fungsi wiremesh:

  1. Dapat diaplikasikan sebagai besi tulangan saluran drainase beton pracetak seperti u ditch precast, tutup buis beton dan culvert box.
  2. Digunakan sebagai komponen yang memperkuat dak beton dan plat lantai. Fungsi ini biasanya digunakan pada bangunan bertingkat.
  3. Cocok digunakan pada plat beton yang diletakkan di tanah. Tujuannya untuk mengeraskan tanah dan mampu menahan beban mobil atau benda lain diatasnya. Karena itulah salah satu fungsi vital wiremesh adalah untuk dijadikan komponen pada pembuatan jalan raya atau tol karena mampu menahan beban kuat diatas tanah.
  4. Fungsi besi wiremesh berikutnya adalah komponen yang juga cocok digunakan untuk plat beton menggantung. Fungsi ini digunakan pada gedung atau saluran pembuangan air hujan sebagai penulangan yang diberi plat beton.

2 Macam Jenis Besi Wiremesh dan Ukuran

Wiremesh adalah rangkaian besi yang di las sedemikian rupa sehingga memiliki 2 bentuk yang biasa dijual di berbagai toko bangunan maupun distributor besi.

  • Bentuk pertama yaitu lembaran yang berukuran standar 210 cm x 540 cm dan.
  • Jenis Wiremesh kedua yaitu berupa gulungan (roll) yang memiliki ukuran panjang 54oo cm dan ukuran lebar sama seperti wiremesh lembaran yaitu 210 cm.

Ukuran wiremesh yang di jual dipasaran umumnya yaitu besi dengan diameter 4 mm hingga 12 mm. Sebagai informasi tambahan, penyebutan wire mesh menggunakan inisial huruf “M” sebagai penanda ukuran diameter besi dengan satuan milimeter (mm). Sebagai contoh, maksud dari besi wiremesh M8 adalah susunan anyaman besi berdiameter 8 mm.

Yang perlu Anda ketahui agar tidak salah mengartikan ukuran wiremesh dipasaran, bahwa diameter dari besi wiremesh memiliki ukuran standar batas toleransi. Umumnya besaran toleransi diameter besi wire mesh ada 3 macam yaitu toleransi 0,3 mm, 0,5 mm, dan 0,7 mm. Jadi jika Anda membeli wiremesh m6, maka yang Anda dapatkan adalah besi wiremesh berukuran 5,7 mm, 5,5 mm atau bisa pula 5,3 mm.

Penting:

“Umumnya, ukuran wiremesh dipasaran memiliki standar toleransi diameter yaitu 0,3 mm, 0,5 mm dan 0,7 mm.”

3 Cara Memilih Besi Wiremesh Berkualitas Baik

1. Mengetahui ukuran wiremesh yang dibutuhkan.

Sebelum membeli wiremesh, ada baiknya memperhatikan terlebih dahulu dengan cermat ukuran diameter kawat wiremesh yang akan dipakai.

2. Pilih wiremesh yang bersih dan tidak berkarat.

Wiremesh adalah bahan bangunan yang terbuat dari besi yang rentan berkarat. Dengan demikian harus teliti untuk memilih wiremesh berkualitas baik, bersih, dan belum berkarat. Pemilihan wiremesh yang tidak berkarat sangat penting karena akan mempengaruhi kekuatan struktur bangunan yang dibuat.

Jangan menganggap remeh tampilan karat di besi walaupun hanya sedikit, karena lama-kelamaan karat tersebut akan menyebar ke seluruh bagian wiremesh sehingga menyebabkan kualitas wiremesh mudah rusak dan patah.

3. Wiremesh berkualitas baik memakai sistem las otomatis.

Dewasa ini banyak sekali oknum produsen nakal yang menjual wiremesh berkualitas buruk karena menggunakan sistem las manual. Oleh karena itu, sebagai pembeli harus cermat dalam memilih wiremesh yang baik dengan mengetahui bahwa wiremesh berkualitas diproduksi menggunakan sistem las otomatis.

Perbedaan hasil produksi sistem las manual dan las otomatis pada wiremesh adalah terlihat pada penampakannya. Wiremesh melalui sistem las manual akan terlihat struktur anyaman besi berantakan dan jarak antar anyaman kurang teratur. Sedangkan wiremesh dengan sistem las otomatis terlihat bersih, jarak antar anyaman rapi, dan kokoh.

mesin produksi besi wiremesh otomatis
Gambar Mesin Wiremesh Otomatis
Keuntungan Menggunakan Wiremesh
  • Kualitas bangunan yang dibangun dengan komponen wiremesh menjadi lebih kokoh karena bersifat sebagai tulang bagi beton bangunan.
  • Mempercepat perkerjaan konstruksi di lapangan karena tidak perlu dirakit lagi melainkan hanya perlu digelar.
  • Mempermudah pengawasan dalam pemasangan besi di lapangan.
  • Pengiriman material lebih cepat karena ukuran wiremesh yang tidak begitu panjang dibandingkan besi beton yang berkisar 12-13m.

Cek Disini: Harga Saluran U Ditch Terbaru

Menggunakan wiremesh pada proyek konstruksi terbilang sangat menguntungkan karena selain memiliki banyak kegunaan, wiremesh juga memiliki ukuran yang terbilang lebih kecil dibanding besi beton . Namun wiremesh tentunya tetap mampu memperkokoh tulang bangunan dan memperkuat rangkaian untuk jalan raya.

Itulah penjelasan seputar Pengertian wiremesh, Fungsi dan Jenisnya. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan kita mengenai material besi wiremesh.

source : #wiremesh adalah #pengertian wiremesh #fungsi wiremesh #ukuran wiremesh #jenis wiremesh

Bagaimana Kami Dapat Membantu Anda?

Informasi produk & cara pemesanan, hubungi kami via WhatsApp!

Posted in Bahan Bangunan and tagged , , , .