plester dinding

Cara Plester Dinding Agar Bagus

Apa Itu Plester Dinding ?

Dinding merupakan bagian penting dari bangunan yang akan membentuk ruang dan bangunan itu sendiri.

Dalam proses pembuatan dinding, tentu ada beberapa tahapan yang harus dilakukan diantaranya seperti membuat pilar dari cor, memasang bata, hingga memplester agar dinding memiliki permukaan yang halus sebelum akhirnya nanti diwarnai atau dicat.

Memplester dinding merupakan bagian yang penting dalam prosesnya untuk menghasilkan dinding dengan bentuk yang rapi dan bagus.

Memplester dilakukan dengan cara merekatkan adukan semen ke dinding bata yang sudah dibuat hingga memiliki permukaan yang rata dan halus.

Untuk dapat menghasilkan plester dan dinding yang baik, berikut cara plester dinding agar bagus dan prosesnya lebih mudah.

Tahapan Plester Dinding

  1. Pastikan Dinding Bata Sudah Siap

    Hal pertama yang harus dilakukan dalam cara plester dinding agar bagus adalah memastikan bahwa penyusunnan bata sudah siap untuk diplester.

    Bata yang siap diplester adalah yang sudah kering perekatnya dan tentunya sudah dipersiapan bagian yang ada di dalam plester seperti lubang ventilasi, pipa kabel, pipa air, stop kontak, dan jalur instalasi lainnya.

  2. Bersihkan Dinding Dan Buat Goresan

    Cara plester dinding agar bagus lainnya adalah dengan membersihkan bagian dinding hingga tidak ada kotoran yang menempel.

    Kotoran tersebut dapat menyebabkan pelekatan prekat pada dinding menjadi berkurang

    Untuk dinding bata ringan dan beton yang permukaannya rata, buat goresan agar sedikit kasar sehingga plester dapat merekat dengan baik.

  3. Persiapkan Alat Dan Bahan Yang Dibutuhkan

    Agar jalannya proses pemlesteran dinding dapat berlangsung dengan baik maka pastikan alat dan bahan yang digunakan sudah siap sebelumnya.

    Beberapa alat dan bahan yang diperlukan dalam cara plester dinding agar bagus diantaranya seperti pasir, semen, alat pengaduk dan pengayak, benang, paku, palu, triplek, kayu yang lurus, meteran, ember, roskam, jidar, dan kertas semen.

  4. Buat Pandduan Ketebalan Dan Pembatas

    Langkah selanjutnya dalam cara plester dinding agar bagus salah dengan membuat panduan ketebalan dan pembatas. Panduan ketebalan dari plester diperlukan agar permukaan dinding rata.

    Panduan tersebut dapat dibuat dengan menggunakan paku dan benang yang berulang setiap satu hingga satu setengah meter.

  5. Bahan Plester Yang Baik

    Buat bahan plesteran dengan campuran semen dan pasir yang komposisi perbandingannya 1 : 3 sampai 1:5. Bahan plesteran yang baik dalam cara plester dinding agar bagus tersebut haruslah bebas dari kotoran dan parikel besar.

    Untuk menghindari pastikel besar di dalam plesteran maka pasir yang digunakan harus diayak halus terlebih dahulu.

    Pastikan konsistensi dari plesteran juga pas , tidak terlau encer dan tidak terlalu kering, sehingga dapat merekat dengan baik.

  6. Buat Kepala Plesteran

    Pembuatan kepala plesteran perlu dilakukan pada awal awal cara plester dinding agar bagus yang digunakan sebagai sampel atau contoh ketebalan.

    Pembuatan kepala plester dengan ketebalan kurang lebih 1,5 – 3 cm meter tersebut dilakukan setelah terlebih dahulu dinding disiram air secukupnya.

    Letak bahan plesteran disesuaikan dengan kebiasaan penggunaan tangan, untuk tangan kiri maka kepala plesteran di kanan, begitu sebaliknya.

  7. Gunakan Sistem Tumpang Lapis

    Cara plester dinding agar bagus adalah dengan menggunakan sistem tumpang lapis.

    istem tumpang lapis tersebut dilakukan dengan cara menempel dan melempar adonan plester yang dibuat kemudian menambal bagian yang kurang lalu ratakan semua bagian plester menggunakan mistar kayu yang lurus dengan panduan kepala plaseter agar hasilnya rata.

    Saat memplester pastikan tidak terlalu terkena sinar matahari langsung agar bahan plester yang mudah kering tidak cepat mengeras.

Itulah beberapa tahapan yang perlu diperhatikan dalam cara plester dinding agar bagus.

Setelah plester merata seluruhnya maka lakukan penyiraman selama tujuh hari berturut turut agar proses pengeringan plester berlangsung secara bertahap sehingga terhindar dari adanya keretakan.

Bagaimana Kami Dapat Membantu Anda ?

Untuk membuat janji presentasi atau informasi lebih lanjut, hubungi kami sekarang juga !

Bagaimana Kami Dapat Membantu Anda ?

Untuk membuat janji presentasi atau informasi lebih lanjut, hubungi kami sekarang juga !

source : motif pemasangan paving block, pola pemasangan paving block, motif paving warna, motif paving terbaru, motif paving block

Digiprove sealCopyright secured by Digiprove

Halaman Terkait :

Posted in Bahan Bangunan, News, Pasir & Batu and tagged , , .