beda besi wf dan h beam

Inilah Beda Besi WF dan H Beam

Apa Beda Besi WF dan H Beam

Beda Besi WF dan H Beam – Baja merupakan komponen material bangunan yang dikenal sangat kuat untuk menjadi unsur penopang bangunan. Dewasa ini, baja seringkali disamakan dengan besi namun pada kenyataannya kedua material ini berbeda.

Besi merupakan unsur murni yang tidak perlu dicampurkan material apapun dan ketersediaannya melimpah di alam, akan tetapi besi mudah teroksidasi hingga menyebabkan karat. Sedangkan baja terbuat dari bahan utama campuran karbon dan besi sehingga menghasilkan daya tahan yang lebih kuat serta tahan terhadap korosi.

Terdapat beberapa jenis dari baja dan yang paling dikenal dalam dunia konstruksi ada dua, yaitu baja profil wf dan baja profil h beam. Beda besi wf dan h beam memilki fungsi tersendiri sesuai bentuknya serta memiliki rentang kekuatan yang berbeda pula.

Definisi Baja WF dan Baja H Beam

Untuk mengetahui apa perbedaan mendasar antara baja wf dan baja h beam maka ada baiknya kita kenali terlebih dulu pengertian dari kedua jenis besi tersebut. Berikut ini kami akan rangkumkan secara singkat dan padat mengenai definisi dan fungsi dari baja wf dan h beam:

1. Besi WF

beda besi wf dan h beamBaja wf dikenal juga dengan sebutan wide flange yaitu baja yang memiliki kekuatan tekan dan tarik yang tinggi. Baja wf merupakan elemen sempurna untuk menahan tarik serta tekan aksial. Kelebihan lainnya yakni bobotnya tidak terlalu berat walaupun memiliki struktur kepadatan yang tinggi. Dengan demikian kegunaan dari baja wf cocok untuk menjadikan bentuk konstruksi sebuah bangunan jadi lebih efisien.

Baja wf memiliki sistem konstruksi yang rumit namun aman dari gaya beban yang kemungkinan terjadi ketika pemasangan fondasi, seperti gaya beban vertikal dan horizontal. Selain itu baja wf juga tahan pada segala tekanan dan suhu.

2. Besi H Beam

besi baja h beamBaja h beam adalah baja yang proses produksinya menggunakan cenai panas yang kemudian di-pelat lalu di las.

Sesuai dengan namanya, baja ini umumnya berbentuk balok menyerupai huruf H dan dalam bahasa inggris dikenal dengan sebutan hot rolled.

Beda baja wf dan h beam terlihat dari fungsinya. Fungsi dari h beam ini sangat cocok digunakan pada proyek konstruksi pembangunan gedung tinggi atau jembatan.

H beam seringkali digunakan sebagai pasangan dari baja profil wf ketika pemasangan tiang struktur gedung.

Perbedaan Baja WF dan H Beam Lainnya

• Dimensi

Beda h beam dan wf selanjutnya dapat terlihat dari dimensinya. Baja profil h beam memiliki dimensi lebar dan kuping yang sama, sedangkan baja wf memiliki dimensi kuping yang lebih lebar. Jika digambarkan, beda besi wf dan h beam dapat diukur dari ukuran dimensinya yakni 100 mm x 100 mm untuk baja h beam. Lalu 200 mm x 100 mm merupakan ukuran dimensi dari baja wf.

• Popularitas

Beda besi wf dan h beam selanjutnya bisa dilihat dari jumlah pemesanannya. Untuk baja h beam belum menjadi primadona masyarakat dalam konstruksi pembangunan karena ukurannya yang sangat besar. Namun berbeda halnya dengan baja wf yang laris-manis di toko bangunan. Akan tetapi baja wf seringkali dipopulerkan dengan nama lain yakni baja profil I dan profil H padahal dua jenis baja dengan profil tersebut justru sangat berbeda.

Teknik Pemotongan Besi Baja H Beam dan WF

Baja profil h beam dan wf dapat dilakukan pemotongan sesuai dengan kebutuhan pengguna. Perlu diingat bahwa pemotongan tersebut tidak bisa dilakukan secara sembarang. Berikut hal yang dipersiapkan ketika akan melakukan pemotongan lurus pada baja h beam dan wf .

  1. Pengamparan baja h beam atau wf agar dapat dipotong,
  2. Mempersiapkan gas yang ditujukkan untuk memotong baja h beam atau wf,
  3. Pengukuran baja h beam atau wf,
  4. Siap dilakukan pemotongan. Pastikan saat memotong harus hati-hati dan lakukan dengan teliti.

Jika tidak dapat melakukan pemotongan sendiri atau tidak tersedianya alat. Disarankan agar pemotongan baja h beam dan wf pada penyedia jasa pemotongan yang sudah profesional.

Itulah penjelasan seputar perbedaan besi wf dan h beam yang dapat Anda jadikan referensi sebelum membeli baja jenis tersebut. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan kita mengenai material baja wf dan h beam.

Bagaimana Kami Dapat Membantu Anda?

Informasi produk & cara pemesanan, hubungi kami via WhatsApp!

Posted in Bahan Bangunan and tagged , , , .