jenis crane adalah

Pengertian dan 7 Macam Jenis Crane

Pengertian Crane Adalah ?

Crane adalah suatu alat berat yang berfungsi untuk mengangkat barang, kemudian memindahkannya ke titik tujuan, lalu menurunkan barang tersebut. Barang yang dimaksud bukanlah berbobot ringan atau digunakan dalam kehidupan sehari-hari, melainkan barang yang diangkut oleh crane adalah barang berat yang biasa terdapat pada proyek konstruksi bangunan, pelabuhan, bidang industrial, pergudangan, serta perbengkelan.

Katrol atau crane adalah mesin yang umumnya akan beroperasi dengan minyak atau sistem hidraulik dan dengan bantuan sistem pneumatik atau udara. Terdapat beberapa jenis crane yang disesuaikan dengan metode kerjanya serta lokasi dimana crane tersebut akan digunakan, berikut jenis-jenis crane:

Jenis Crane

1. Tower Crane

tower craneTower crane adalah salah satu jenis crane yang digunakan dalam proyek konstruksi bangunan, terutama dalam membangun suatu gedung tinggi. Tinggi dari tower crane berkisar 70 hingga 80 meter dan mampu mengangkat suatu material berat hingga lebih dari 20 ton.

Pengaturan untuk menggunakan tower crane yakni tetap berada ditempat crane ini ditancapkan. Dasar dari tower crane terbuat dari beton dan proses penancapan menggunakan baut besar berkualitas tinggi.

Memiliki bentuk yang tinggi dan besar, membuat tower crane memakan banyak waktu hanya untuk pemasangan karena banyak bagian yang harus dipasang secara terpisah.

2. Truck Crane

truck crane asiaconDisebut juga sebagai mobile crane, yaitu tipe crane yang dipasangkan dengan mobil truk dan memiliki fleksibilitas untuk bergerak ke barang yang akan diangkut.

Berbeda dengan tower crane yang hanya berada di lokasi penancapan, truck crane bisa dibawa langsung ke lokasi proyek konstruksi tanpa menggunakan kendaraan pengangkut (trailer). Pemasangan tiang pada jenis crane ini dapat dilakukan ketika beroperasi dan dapat berputar hingga 360 derajat.

Asiacon sendiri menggunakan truk crane sebagai alat untuk membantu proses bongkar muat produk beton precast, yaitu saluran drainase u ditch, box culvert dan tiang pancang. Ukuran berat beban barang yang mampu diangkut oleh truk crane berjenis colt diesel yaitu 3 ton dan untuk jenis fuso sekitar 5-8 ton.

3. Hydraulic Crane

hydraulic craneUntuk tipe crane ini, hanya digunakan pada skala perbengkelan atau pergudangan.

Struktur yang dimiliki cukup sederhana dan tidak fleksibel untuk berpindah dari satu titik ke titik lain.

Jangkauannya tidak panjang dan hanya mampu berputar hingga 180 derajat.

4. Crawler Crane

crawler craneCrane adalah alat konstruksi yang mampu mengangkut barang berat sekaligus memiliki jangkauan pengangkutan.

Crawler crane merupakan jenis crane yang jangkauannya tidak begitu panjang dan umumnya digunakan pada proyek pembangunan.

Menggunakan roda-roda rantai atau crawler, memungkinkan crane ini untuk melakukan mobilisasi ketika digunakan bahkan di berbagai medan.

Walaupun crane ini memiliki roda dan bisa bergerak, tetapi untuk sampai ke lokasi pembangunan harus diangkut dengan truk trailer.

5. Hoist Crane

hoist craneFaktanya, crane adalah mesin yang tidak selalu beroperasi di daratan melainkan bisa dipasang diatas langit-langit seperti hoist crane.

Hoist crane biasanya digunakan di perbengkelan atau pergudangan dengan menggunakan rel khusus yang dipasang diatas langit-langit. Rel tersebut yang menjadi jalur bagi hoist crane untuk bergerak maju-mundur tetapi hanya satu arah.

6. Crane Kereta Api

crane kereta apiCrane jenis ini biasanya digunakan untuk mengangkut material pada pembangunan atau perbaikan jalur kereta api.

Dilengkapi dengan roda flensa, membuat crane dapat berjalan diatas jalur rel.

Memang crane jenis ini sangat jarang kita jumpai bukan?

7. Crane Terapung

crane terapungCrane adalah mesin yang tidak hanya dapat digunakan di daratan atau dipasang diatas langit-langit, namun juga dapat beroperasi di atas laut.

Crane terapung memiliki fungsi untuk membantu proyek konstruksi pembangunan jembatan atau pelabuhan.

Selain itu, kelebihan lain dari jenis crane ini yakni memiliki kapasitas pengangkutan yang sangat besar hingga lebih dari 9000 ton sehingga nampu mengangkat kapal yang tenggelam atau mengangkut muatan kapal.

Menarik bukan jika kita mengetahui ternyata ada banyak macam jenis crane yang beroperasi untuk kebutuhan pengangkutan barang dengan bobot berat? Semoga pembahasan mengenai Pengertian dan 7 Jenis Crane ini dapat menambah wawasan Anda.

Bagaimana Kami Dapat Membantu Anda?

Informasi produk & cara pemesanan, hubungi kami via WhatsApp!

source : #crane adalah #jenis crane #tower crane #crawler crane #hoist crane #mobile crane #truck crane

Let's Share This:
Posted in Alat Konstruksi and tagged , , .