Keuntungan Conblock dari Aspal dan Beton

Keuntungan Conblock dibandingkan Aspal dan Cor Beton

Pengertian conblock dan kegunaannya

Conblock merupakan sebuah istilah yang merujuk pada satu jenis material bangunan untuk sistem pengerasan jalan. Produk ini dibuat dari campuran beton precast dan memiliki kekuatan, dimensi, dan bentuk tertentu yang dikerjakan secara teratur.

Pengaplikasian material yang satu ini juga cukup luas dan mudah ditemui di mana saja. Anda akan menemuinya di trotoar, kawasan-kawasan tertentu pada ruas jalan, hingga pekarangan rumah sekalipun. Dengan pemilihan warna, jenis, dan bentuk yang tepat, conblock atau yang juga biasa disebut paving block akan memberikan nilai estetika yang lebih baik.

Hal ini pula yang membuat semakin banyaknya penggunaan conblock sebagai pengganti aspal maupun beton—terutama di kawasan perumahan. Aspal dan beton memang lebih kuat menahan beban yang di atasnya, tetapi kurang memberikan impresi artistik dan tidak bisa menyerap air dengan baik, apalagi di saat hujan.

Keuntungan conblock dibandingkan aspal dan beton

1. Conblock memberi kesan natural

Masih bicara soal nilai keindahan secara visual, salah satu keuntungan conblock yaitu dapat memberi kesan natural yang lebih menenangkan. Ada sebuah jenis conblock yang dapat dengan sempurna memberi kesan alami, lebih hijau, dan segar dengan hiasan rumput bernama grass block.

Conblock jenis ini banyak digunakan terutama di pekarangan rumah karena memungkinkan rumput tumbuh di sela-sela unit grass block. Pasalnya, material ini memiliki lubang-lubang untuk tanah pada permukaan badannya. Dengan demikian, pekarangan akan menjadi lebih menyegarkan dibandingkan dicor dengan beton yang justru cenderung menimbulkan kesan monoton, kaku, dan tidak alami.

2. Daya serap air lebih tinggi dari aspal dan beton

Masih berkaitan dengan keberadaan lubang pada badan conblock, air yang menimpa permukaan bahan ini akan lebih mudah terserap dan tidak menimbulkan genangan. Air hujan akan lebih cepat hingga 60% meresap melalui celah di antara conblock.

Sementara itu, aspal dan beton tidak memiliki drainase yang baik. Maka dari itu, ketika hujan turun dengan lebat, air akan lebih banyak tergenang di jalanan yang menggunakan aspal atau beton sebagai material pengerasannya dibandingkan di jalanan yang menggunakan conblock.

3. Mudah dan cepat dalam perbaikan

Segala sesuatu pasti memiliki masanya sendiri, termasuk bahan-bahan bangunan. Umumnya, material konstruksi tidak akan lagi bertahan dengan sempurna setelah lima tahun.

Pun demikian dengan conblock. Namun beruntungnya, apabila suatu saat terjadi kerusakan pada susunan pemasangan conblock, perbaikan dapat dilakukan dengan sangat mudah. Anda hanya perlu mengganti bagian yang rusak tersebut dengan unit baru yang utuh tanpa harus membongkar keseluruhan area. Dalam hitungan waktu yang sangat singkat, perbaikan conblock bisa diselesaikan tanpa usaha yang terlalu besar.

4. Tahan terhadap cuaca

Anda tentu kerap menemui jalan yang dilapisi dengan aspal dan beton memiliki lubang-lubang tertentu di beberapa bagiannya. Salah satu faktornya tidak lain adalah ketidakmampuan dua jenis material tersebut terhadap cuaca. Apalagi saat memasuki musim penghujan. Aspal dan beton sangat rentan berlubang saat hujan.

Namun lain halnya dengan conblock. Keuntungan conblock yang lainnya yaitu sangat jarang mengalami lubang pada permukaaannya. Hal ini disebabkan oleh kemampuan dan ketahanannya terhadap cuaca, baik panas yang terik hingga hujan yang deras sekalipun.

5. Harga conblock lebih murah

Produk yang satu ini memiliki variasi desain, tipe, warna, dan motif yang berbeda. Hal-hal ini pula yang membuat bervariasinya harga yang ditawarkan.

Namun dibandingkan aspal dan beton, harga yang ditawarkan untuk konblok lebih murah. Anda hanya perlu menyesuaikan kualitas, tipe, dan model yang akan dibeli dengan kemampuan anggaran yang tersedia.

Sebagai catatan, conblock cenderung akan mengurangi kenyamanan bagi pengendara kendaraan yang melaju dengan kecepatan tinggi. Namun boleh jadi, hal ini juga memberi keuntungan terutama di kawasan perumahan sebagai pengendali kecepatan kendaraan agar tidak membahayakan keselamatannya sendiri.

Nah, itulah beberapa keuntungan conblock dibandingkan aspal dan beton. Semoga membantu!

Digiprove sealCopyright secured by Digiprove
Keuntungan Conblock dibandingkan Aspal dan Cor Beton
4.8 (96.19%) 21 votes

Halaman Terkait :

Posted in Blog and tagged , , .