cara membuat sumur resapan manfaat

Cara Membuat Sumur Resapan dan Manfaatnya

Memahami Pentingnya dan Cara Membuat Sumur Resapan

Sumur resapan adalah salah satu usaha pengelolaan air sederhana yang dapat dilakukan oleh masyarakat luas. Meskipun sederhana, siapa sangka jika membangun sumur resapan ini dapat mengembalikan keseimbangan dan kelestarian lingkungan. Cara untuk membangunnya cukup mudah, tapi tidak banyak orang yang menerapkannya karena kurangnya kesadaran dan pengetahuan.

Memasuki musim penghujan, permasalahan lingkungan yang dihadapi masyarakat semakin banyak. Jika hujan mulai mengguyur, semua orang mulai was-was terhadap datangnya banjir. Air terlihat di mana-mana, tapi yang keadaannya bersih juga susah untuk didapatkan. Keberadaan sumur resapan bisa menjadi solusi untuk permasalahan tersebut.

Manfaat sumur resapan

Sederhananya, sumur resapan adalah alat untuk memanen air hujan sehingga tidak mengalir begitu saja ke selokan atau terserap ke dalam tanah. Air yang terkumpul bisa digunakan untuk berbagai hal. Contohnya, untuk cadangan air saat kemarau, pengairan, air minum, dan sebagainya.

Proses pengumpulan air ini memberikan banyak manfaat bagi lingkungan di sekitarnya. Oleh karena itu, pemerintah sangat menganjurkan masyarakat untuk membangun sumur resapan. Manfaat yang dimaksud, antara lain:

  • mengurangi kemungkinan banjir,
  • menjaga debit mata air area hilir,
  • mempertahankan level permukaan air tanah,
  • menahan kontaminasi air laut (jika berada di wilayah pantai),
  • mengurangi pencemaran air tanah,
  • mengatasi sedimentasi dan erosi,
  • menjaga kelembaban tanah, dan
  • mencegah penurunan tanah.

Cara membuat sumur resapan

Dengan menggunakan material dan perlengkapan yang ada saat ini, membuat sumur resapan bisa menjadi lebih mudah dan cepat. Berikut adalah beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk membuatnya.

1) Memilih lahan yang cocok

Berdasarkan Standar Nasional Indonesia pada laman resmi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, lahan yang memenuhi syarat dan dapat digunakan untuk membangun sumur resapan adalah lahan yang datar dan struktur tanahnya tidak labil, bebas dari belerang, serta jauh dari timbunan sampah dan septic tank. Pastikan jarak sumur resapan tidak kurang dari 5 m dengan septic tank dan tidak kurang dari 1 m dengan pondasi rumah.

2) Menggali tanah

Pada lahan yang telah dipilih, mulailah membuat sumur dengan diameter kurang lebih 80-100 cm. Lakukan penggalian tanah hingga kedalaman 1,5 meter. tetapi jangan sampai lebih dari permukaan air tanah. Tujuan dari sumur ini adalah menampung air dari luar, bukan mengeluarkan air dari dalam.

3) Memasang dinding sumur

Setelah menggali sumur dengan kedalaman yang cukup, gunakan buis beton untuk memperkuat dinding sumur bagian bawah. Untuk bagian atasnya, gunakan batu bata yang disusun merata berkeliling.

4) Memasang saluran air masuk

Selanjutnya adalah memasang saluran tempat masuknya air ke dalam sumur. Saluran ini bisa dihubungkan langsung dari talang air menggunakan pipa paralon.

5) Memasang saluran pembuangan

Lakukan juga pemasangan saluran pembuangan air dari sumur ke selokan. Fungsi dari saluran ini adalah untuk membuang kelebihan air di dalam sumur. Pipa pembuangan harus diletakkan lebih tinggi dari permukaan air selokan.

6) Mengisi lapisan dasar sumur

Pada bagian dasar sumur, masukkan pecahan batu dan kerikil. Kemudian, tutuplah dengan ijuk pada bagian atasnya. Masukkan material ini hingga ketebalan kurang lebih 15 cm. Fungsi dari bagian ini adalah sebagai penyaring air.

7) Memasang penutup sumur

Langkah terakhir dalam membangun sumur resapan ini adalah dengan memasang penutupnya. Tutup sumur yang digunakan bisa terbuat dari beton yang sesuai dengan buis beton sebelumnya. Beberapa orang menutup lagi tutup sumur dengan tanah agar lahan tersebut bisa digunakan untuk keperluan lain. Sumur resapan selesai dibuat.

Digiprove sealCopyright secured by Digiprove
Cara Membuat Sumur Resapan dan Manfaatnya
4.9 (98.82%) 17 votes

Halaman Terkait :

Posted in Blog and tagged , .